IMPLEMENTASI CLASSROOM MANAGEMENT PERSPEKTIF 5R DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MI MUHAMMADIYAH KASIHAN 1 KECAMATAN TEGALOMBO PACITAN

Budiono, Eko (2022) IMPLEMENTASI CLASSROOM MANAGEMENT PERSPEKTIF 5R DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MI MUHAMMADIYAH KASIHAN 1 KECAMATAN TEGALOMBO PACITAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
scan SPU Karya Ilmiyah Eko B.pdf

Download (191kB)
[img] Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Eko Budiono. 2022. Implementasi Classroom Management Perspektif 5R dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MI Muhammadiyah Kasihan 1 Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan. Pembimbing (I) Katni, M.Pd.I dan Pembimbing (II) Lilis Sumaryanti, M.Pd. Kualitas pendidikan sebuah lembaga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat modern dan selektif dalam memilih tempat sekolah anaknya. Kualitas pendidikan tak lepas peran vital dalam pengelolaan kelas dengan fasilitas penunjang pembelajaran yang telah terpenuhi secara optimal. Dalam hal ini, Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kasihan 1 merupakan salah satu madrasah yang mampu menjadi pilihan masyarakat sekitar, karena perwujudan mutu pembelajaran yang baik melalui pengelolaan, penggunaan dan perawatan terhadap fasilitas pembelajaran. Desian ruang kelas yang menarik, peringkasan segala fasilitas pembelajaran, budaya kerapian dan kebersihan setiap hari menjadi ciri khas dan daya tersendiri bagi madrasah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, implementasi dan evaluasi classroom management perspektif 5R dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Muhamadiyah Kasihan 1. Kajian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, dokumnetasi dan wawancara terstruktur. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis di lapangan model Miles and Huberman dengan tiga alur, yakni mereduksi data, penyajian data dan verifikasi atau menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi classroom management perspektif 5R dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Muhammadiyah Kasihan 1 meliputi: 1) Perencanaan manajemen kelas yang tersusun dan dipersiapkan secara sistematis dengan memperhatikan tahapan, prodesur, faktor-faktor dan pemenuhan kebutuhan fasilitas pembelajaran. 2) Pelaksanaan manajemen kelas dengan menyediakan dan mengatur fasilitas pembelajaran yang memadai, mewujudkan desain ruang kelas yang nyaman, penataan fasilitas dan sumber belajar yang ringkas, penerapan rapi oleh pendidik maupun peserta didik dan rapi dalam meletakkan barang, serta kebersihan yang terjaga dengan baik secara konsisten.3) Evaluasi manajemen kelas dengan memberikan catatan penilaian terhadap pelaksanaan, monitoring, pengawasan dan pembenahan terhadap capaian yang terlaksana. Dalam hal ini spesifiknya dalam penerapan desain ruang kelas, hidup rapi, kebersihan ruang dan lingkungan kelas, dan konsistensi dalam memanajemen kelas dalam meningkatkan mutu madrasah ini.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Classroom Management, 5R, Mutu Pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:47
Last Modified: 15 Sep 2022 06:47
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10236

Actions (login required)

View Item View Item