IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PERSPEKTIF QUANTUM TEACHING STUDI MULTIKASUS DI PESANTREN AHMAD DAHLAN DAN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL JETIS

Heriadi, Heriadi (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN PERSPEKTIF QUANTUM TEACHING STUDI MULTIKASUS DI PESANTREN AHMAD DAHLAN DAN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL JETIS. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
img005.pdf

Download (106kB)
[img] Text
HALAMAND DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
03. BAB I tesis heriadi fix .pdf

Download (588kB)
[img] Text (BAB II)
04. BAB II fix tesis heriadi mpd .pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[img] Text (BAB III)
05. BAB III tesis fix .pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text (BAB IV)
06. BAB IV tesis fix heriadi mpd .pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)
[img] Text (BAB V)
07. BAB V fix heriadi mpd .pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. DAFTAR PUSTAKA fix heriadi.pdf

Download (471kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09. LAMPIRAN-LAMPIRAN tesis heriadi.pdf

Download (955kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
10. Fulltex tesis heriadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan yang peneliti amati dilapangan, untuk memilih di Pesantren Ahmad Dahlan Ponorogo dan Muhammadiyah Boarding School Jetis. Pada kedua nya dalam memiliki keunikan sendiri, yaitu menerapkan pembelajaran Al-Qur’an penuh dengan riang dan gembira. Membawa dunia mereka kedunia saat ini dengan pelajaran yang sangat menyenangkan dan membangkitkan semangat mereka belajar dengan penuh kreatifnya masing-masing. Tujuan penelitian ini ialah mendiskripsikan implementasi pembelajaran Al-Qur’an perspektif Quantum Teaching, mendeskripsikan faktor pendukung dan peenghambat implementasi pembelajaran Al-Qur’an, mendiskripsikanhasil implementasi pembelajaran Al-Qur’an perspektif Quantum Teaching di Pesantren Ahmad Dahlan Ponorogo dan Muhammadiyah Boarding School Jetis. Penelitian merupakan penelitian kualitatif, yaitu mulai pengumpulan data, dokumentasi, wawancara, observasi, dari proses ini semua untuk menjawab permasalahan yang peneliti lakukan. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriftif kualitatif. Hasil temuan peneliti adalah: (1) Implementasi pembelajaran Al-Qur’an perspektif quantum teaching bahwa proses pelajaran Al-Qur’an di Pesantren Ahmad Dahlan dan Muhammadiyah Boarding Schol Jetis Ponorogo telah menerapkan konsep Quantum Teaching dalam pembelajaran, yakni pendidik dalam pembelajaran telah menerapkan rancangan pembelajaran “TANDUR” dengan langkah-langkah AMBAK. (2) Hasil implementasi pembelajaran Al-Qur’an perspetif quantum teaching di Pesantren Ahmad Dahlan Ponorogo, santri mengalami peningkatan yang signifikan dalam membaca Al-Qur’an semakin baik serta dengan irama tartil dan memahami tajwid serta mampu berkiprah di masyarakat. Adapun di Muhammadiyah Boarding School Jetis mengalami peningkatan cukup baik santri semakin cinta Al-Qur’an, serta bisa membaca Al-Qur’an dengan benar, menguasai bacaan Qiro’ 7 lagu irama Al-Qur’an dan sebagian pula memahami hingga ke tafsir Al-Qur’an. (3) Faktor pendukung Pesantren Ahmad Dahlan dan Muhammadiyah Boarding School jetis Ustadz profesional dalam mengajar Al-Qur’an serta berirama dalam membacanya dan mahir dalam memahami ayat-ayat tafsir Al-Qur’an sarana dan prasarana yang memadai, inovasi pembelajarandan tempat yang setrategis. Faktor penghambat santri ada rasa kemalasan dalam belajar dan membuat kegaduhan dalam belajar dan kurang mempersiapkan diri dalam belajar.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Al-Qur’an, Perspektif Quantum Teaching.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: pasca . userpasca
Date Deposited: 20 Sep 2022 08:47
Last Modified: 20 Sep 2022 08:47
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10319

Actions (login required)

View Item View Item