TAJUDIN, RISTAM (2022) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SENI RUPA DALAM PENINGKATAN PENDIDKAN AKHLAK DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Muhammadiyah Walikukun). Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (surat persetujuan unggah karya ilmiah)
00. Surat pernyataan unggah karya ilmiah.pdf Download (274kB) |
|
Text (Halaman depan)
01. Halaman Depan.pdf Download (902kB) |
|
Text (BAB I)
02. BAB I.pdf Download (461kB) |
|
Text (BAB II)
03. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (891kB) |
|
Text (BAB III)
04. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
|
Text (BAB IV)
05. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) |
|
Text (BAB V)
06. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
07. Daftar Pustaka.pdf Download (512kB) |
|
Text (Lampiran)
08. Lampiran.pdf Download (2MB) |
|
Text (Tesis Full Text)
09. Tesis Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Tajudin, Ristam. 2022. Penerapan Metode Pembelajaran Seni Rupa Dalam Peningkatan Pendidkan Akhlak Dan Prestasi Belajar.(Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Muhammadiyah Walikukun). Tesis, Progam Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing: (1) Dr Sudarmdi,M.Ag, M.H.I. (2) Dr Afiful Ikhwan, M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Seni Rupa, Pendidikan Akhlak, Prestasi Belajar. Dunia pendidikan mempunyai banyak faktor yang saling terkait dalam pelaksanaan pembelajaran yang terjadi di lembaga pendidikan. Salah satu yang menjadi bagian penting dalam pengembangan pendidikan adalah pemilihan metode yang digunakan pada kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan, efekttifitas, dan implikasi metode pembelajaran seni rupa dalam peningkatan pendidikan akhlak dan prestasi belajar di MI Islamiyah Muhammadiyah Walikukun. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif untuk memberikan gambaran secara deskriptif tentang penrapan metode pembelajaran seni rupa dalam peningkatan pendidikan akhlak dan prestasi belajar. Lokasi penelitian: MI Islamiyah Muahammadiyah Walikukun.. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumnetasi. Teknik analisi data adalah tri anggulasi data yaitu dengan memadukan data dari berbagai aspek untuk diambil kesimpulan dari hasil kajian sebuah permasalahan. Hasil penelitian: 1. Penerapan metode pembelajaran seni rupa dalam peningkatan pendidikan akhlak dilaksanakan dengan memadukan setiap tugas yang diberikan dengan nilai-nilai akhlak. Proses yang direncanakan dengan baik dari kepala madtasah, wakil kepala, wali kelas, guru, dan wali murid untuk menyelaraskan setiap komponen yang berkaitan dalam pelaksanaan metode pembelajaran seni rupa. 2. Efektifitas metode pembelajaran seni rupa dalam peningkatan prestasi belajar dapat disimpulkan sebagai berikut: a. Suasana madrasah lebih kondusif dan ramah bagi siswa. b. Suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. c. Siswa bersemangat berangkat ke sekolah. d. Efektif dalam memetakan kemampuan siswa. 3. Implikasi penerapan metode pembelajaran seni rupa dalam peningkatan pendidikan akhlak dan prestasi belajar dapat disimpulkan sebagai berikut: a. Meningkatkan kualitas hafalan siswa dalam pelajaran. b. Mempermudah dalam memadukan nilai-nilai akhlak dalam mata pelajaran. c. Meningkatkan keterlibatan wali murid dalam proses pembelajaran. d. Menstabilkan perkembangan siswa dalam akhlak dan prestasi belajar dan cenderung meningkat.
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Seni Rupa, Pendidikan Akhlak, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | pasca . userpasca |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 08:39 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 08:39 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10438 |
Actions (login required)
View Item |