Supriati, Supriati (2024) EFEKTIVITAS GERAKAN LITERASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 1 MAGETAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1. SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH .pdf Download (275kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Download (375kB) |
|
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
|
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
|
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
|
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (493kB) |
|
Text (LAMPIRAN-LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
10. SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Supriati, 2024. Efektivitas Gerakan Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SD Muhammadiyah 1 Magetan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing (I) Dr. Anip Dwi Saputro, M.Pd dan Pembimbing (II) Lilis Sumaryanti, M.Pd. Kata Kunci: Gerakan Literasi, Kemampuan Berpikir Kritis Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan yang terjadi terhadap siswa terkait rendah kegiatan literasi yang dilakukan sehingga kemampuan berpikir kritis juga relatif rendah. Peningkatan kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh siswa bisa dikembangkan dengan menggunakan gerakan literasi yang diadakan oleh sekolah. Salah satu sekolah yang melaksanakan gerakan literasi untuk membantu menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu SD Muhammadiyah 1 Magetan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas gerakan literasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SD Muhammadiyah 1 Magetan.Penelitian yang dilakukan ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Subyek dari penelitian ini seluruh kelas 5 yang menjadi populasi sejumlah 151 siswa dan yang menjadi sampel sejumlah 110 siswa. Pengambilan jumlah sampel menggunakan metode simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan dokumentasi.Teknik analisis yang digunakan untuk uji hipotesis yaitu analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari gerakan literasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SD Muhammadiyah 1 Magetan. Hasil hipotesis dari t-hitung sebesar 7,393 > 1,982 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka disimpulkan gerakan literasi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SD Muhammadiyah 1 Magetan. Hasil koefisien determinasi (R square) sebesar 0,336 atau 33,6% sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa adanya pengaruh gerakan literasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SD Muhammadiyah 1 Magetan sebesar 33,6% dan 66,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gerakan Literasi, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Departement of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 09:51 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 09:51 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14720 |
Actions (login required)
View Item |