Upaya Guru Bimbingan Konseling Mengatasi Perundungan Siswa Di SMK Muhammadiyah 5 Purwantoro

Windi Handayani, Safitri (2024) Upaya Guru Bimbingan Konseling Mengatasi Perundungan Siswa Di SMK Muhammadiyah 5 Purwantoro. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (128kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (982kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Handayani, Safitri Windi. 2024. Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Perundungan Siswa Di SMK Muhammadiyah 5 Purwantoro. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: (1) Dr. Rido Kurnianto, M.Ag (2) Dr. Aldo Redho Syam, M.Pd.I. Kasus perundungan yang marak terjadi dilingkunagan sekolah, seperti yang tersebar di media sosial baik itu televisi, internet, koran. Adanya tindak perundungan membuat anak tidak nyaman berada disekolah, merasa takut dan canggung, sehingga peserta didik merasa tidak percaya diri diakibatkan adanya perilaku yang tidak dinginkan dalam lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk perundungan. Mendeskripsikan upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perundungan siswa dan hasil dari upaya yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perundungan siswa di SMK Muhammadiyah 5 Purwantoro. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengambilan data dengan melakuakan wawancara kepada kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, dan koordinasi ISMUBA di SMK Muhammadiyah 5 Purwantoro. Analisis data yang mencakup analisis data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini juga dibuktikan dengan pengecekan keabsahan data, yaitu dengan ketentuan pengamatan data, triangulasi data dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian sebagai berikut (1) Bentuk-bentuk perundungan yang ada di SMK Muhammadiyah 5 Purwantoro yaitu berupa (a) perundungan fisik yaitu menghadang temannya saat akan lewat, melempar temannya menggunakan pensil, (b) perundungan verbal yaitu memanggil menggunakan julukan/ nama samaran, berbicara keras dan kasar, mengejek, body shaming, (c) psikis yaitu mengucilkan, penolakan terhadap teman, memberi tahu orang lain agar tidak berteman dengan teman yang lain, menyoraki. (2) Upaya guru bimbingan konseling dalam mengatasi perundungan siswa di SMK Muhammadiyah 5 Purwantoro yaitu (a) terapi individu, (b) terapi kelompok, (c) pelatihan kreasi, (d) mediasi dan (e) pencegahan. (3) Hasil upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perundungan siswa di SMK Muhammadiyah 5 Purwantoro yaitu (a) korban kembali percaya diri, bersosialisasi dengan baik bersama teman, hilang rasa minder dan gelisah, (b) pelaku berbicara menjadi lebih sopan dan tidak mengulangi perbuatan yang sama. (c) Peserta didik mampu membedakan tindak perundungan, memiliki lingkungan sekolah yang aman dan belajar dengan nyaman. Kata kunci: Bimbingan Konseling, Perundungan, Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Guidance Counseling, Bullying, Students.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 30 Aug 2024 06:12
Last Modified: 30 Aug 2024 06:12
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14774

Actions (login required)

View Item View Item