MODEL PENDIDIKAN AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL ISLAM JORESAN MLARAK PONOROGO

MULKATYANTI, MULKATYANTI (2015) MODEL PENDIDIKAN AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL ISLAM JORESAN MLARAK PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
01 Bagian Awal.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (299kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Model pendidikan akhlak. Remaja mempunyai peranan yang penting dalam mengisi pembangunan. Namun realita sekarang para remaja banyak yang terpengaruh oleh budaya asing yang tidak sesuai dengan norma yang ada. Menyikapi hal ini, pemerintah telah mengeluarkan peraturan penambahan jam pelajaran agama yakni dalam penerapan kurikulum 2013. Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo ikut andil dalam mendidik generasi bangsa dengan menggunakan model yang disesuaikan dengan perkembangan zaman yang bertujuan mencetak akhlak yang mulia. Skripsi ini melaporkan hasil penelitian dengan rumusan masalah: (1) apa materi pendidikan akhlak yang diberikan kepada siswa di Madrasah Tsanawiayah Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo, (2) Bagaimana model pendidikan akhlak di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo, (3) apa kelebihan dan kekurangan pendidikan akhlak di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif di Madrasah Tsanawiyah Al- Islam Joresan Mlarak Ponorogo, dengan prosedur pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul tekait dengan model pendidikan akhlak dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan konsep yang diberikan oleh Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa (1) Materi pendidikan akhlak yang diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo bersumber pada Al Qur’an dan Hadits Rasullullah dengan mata pelajaran seperti Ta’limu Muta’alim, Aqidah Akhlak, Qur’an Hadits, Fiqih, Mahfudlot, Mutholaah, Tafsir, SKI dan pelajaran-pelajaran lainnya, (2) Model pendidikan akhlak yang diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Joresan Mlarak yaitu berupa keteladanan dan contoh dari para guru, memberi tuntunan, menyentuh hati nurani siswa agar apa yang disampaikan guru dapat diterima siswa dengan mudah, dengan memberikan kisah-kisah dari para sahabat dan ulama’, menyampaikan tentang ketaqwaan dan tunduk akan aturan-aturan Allah, serta melalui kebiasaan – kebiasaan yang diterapkan di madrasah tetsebut, (3) Kelebihan model pendidikan akhlak ini, antara lain para siswa mendapatkan berbagai macam keilmuan, mulai dari keagamaan, manajemen qalbu sampai ketrampilan wirausaha. Adanya nota kesepakatan antara guru, siswa dan orang tua. Dalam pendidikannya diajar oleh guru yang profesional, selalu ada pengawasan dalam setiap kegiatan di madrasah. Selain itu ada kekurangan dari pendidikan akhlak yang dilaksanakan seperti minimnya siswa yang berasrama, serta ruang kelas yang ada dirumah penduduk memungkinkan siswa melanggar aturan dan tata tertib di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 24 Nov 2015 04:22
Last Modified: 24 Nov 2015 04:22
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1484

Actions (login required)

View Item View Item