WAHYU AGUSTIN, EKI (2016) PENERAPAN TAHAPAN POLYA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XD SMA NEGERI 1 BALONG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (733kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (727kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Tahapan Polya, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Kemampuan Pemecahan Masalah. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas XD SMAN 1 Balong. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah yang menunjukkan hasil 72. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa antara lain disebabkan oleh tahapan pemecahan masalah yang belum terstruktur dan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Tahapan Polya adalah salah satu tahapan pemecahan masalah yang memberikan kerangka kerja yang sistematis sehingga memudahkan siswa menyelesaikan masalah. Sedangkan pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah model pembelajaran yang memusatkan kegiatan pembelajaran pada siswa baik secara individu maupun kelompok. Dari permasalahan tersebut, maka tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui langkah penerapan tahapan Polya melalui pembelajaran kooperatif STAD untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XD SMAN 1 Balong Ponorogo pada tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 28 anak. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah hasil pembelajaran matematika dengan penerapan tahapan Polya melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Instrumen penelitian berupa peneliti, lembar observasi pembelajaran, dan soal tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Peningkatan ini dapat terjadi karena adanya diskusi kelompok melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dengan adanya diskusi kelompok siswa akan lebih mudah dalam memahami setiap tahapan pemecahan masalah Polya. Dari hasil observasi tes siklus diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat mencapai hasil 79,3. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan tahapan Polya melalui pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XD SMA Negeri 1 Balong Ponorogo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 31 Mar 2016 02:41 |
Last Modified: | 31 Mar 2016 02:41 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1817 |
Actions (login required)
View Item |