IMPLEMENTASI KECERDASAN EMOSIONAL GURU DALAM MEMBINA MORALITAS PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MADIUN

Sholihah, Imroatus (2016) IMPLEMENTASI KECERDASAN EMOSIONAL GURU DALAM MEMBINA MORALITAS PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MADIUN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
a. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
b. BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text
c. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
d. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
e. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
f. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img]
Preview
Text
g. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
h. LAMPIRAN.pdf

Download (888kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki oleh individu untuk mengenali serta mengontrol emosi diri sendiri, dan hal ini bisa berkembang jika dilakukan beberapa latihan yang sifatnya kontinyu. Kecerdasan emosi menentukan potensi kita untuk mempelajari ketrampilan-ketrampilan praktis yang didasarkan pada lima unsurnya: kesadaran diri, memotivasi, pengaturan diri, empati, dan kecakapan dalam membina hubungan dengan orang lain. Ketrampilan praktis tersebut jika dikaitkan dengan kecerdasan emosional seorang guru yang sebagai pendidik adalah kemampuan guru dalam mengenali emosi diri, pengendalian diri, memotivasi diri, empati dan membina hunbungan guna memberikan wadah bagi para peserta didik untuk lebih memperhatikan perilaku mereka. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) Untuk mendiskripsikan kemampuan guru mengelola emosi diri sendiri dalam membina moralitas peserta didik di MAN 1 Madiun. (2) Untuk mendiskripsikan kemampuan guru mengenali emosi peserta didik dalam membina moralitas peserta didik di MAN 1 Madiun. (3) Untuk mendiskripsikan kemampuan guru membina hubungan dengan baik dalam membina moralitas peserta didik di MAN 1 Madiun. Obyek penelitian ini adalah guru MAN 1 Madiun. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul terkait kecerdasan emosional guru dalam membina moralitas peserta didik dianalisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian disimpulkan (1) Kemampuan guru MAN 1 Madiun dalam mengelola emosi diri sendiri dalam membina moralitas peserta didik diawali dari mengenali emosi yang terjadi, mengontrol emosi, intropeksi diri, selalu positive thinking, menghargai orang lain, dan berkata berbuat sesuai etika. (2) Kemampuan guru MAN 1 Madiun dalam mengenali emosi peserta didik dalam membina moralitas peserta didik diawali dari komunikasi secara langsung, melihat perubahan fisik dan psikis, pendekatan secara inten, melihat keadaan fisik serta asal daerah dan latar belakang keluarga peserta didik, melalui teman mereka, dan bicara dari hati ke hati. (3) Kemampuan guru MAN 1 Madiun dalam membina hubungan dengan baik dalam membina moralitas peserta didik diawali komunikasi secara terbuka di luar jam pelajaran, guru tidak pernah mengecewakan peserta didik, guru juga tidak mudah marah, menegur peserta didik dengan cara yang baik, memposisikan dirinya sebagi guru, dan selalu bekerjasam dengan warga madrasah. Kata Kunci: Implementasi, Kecerdasan Emosional, Moralitas Peserta Didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 12 Apr 2016 03:20
Last Modified: 12 Apr 2016 03:20
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1899

Actions (login required)

View Item View Item