PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH PONOROGO

ICHSANUDIN, ICHSANUDIN (2016) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Pendidikan agama di SD Muhammadiyah Ponorogo saat ini terbilang cukup baik. Hal ini bisa di buktikan dengan beberapa kegiatan keagamaan yang masih berjalan hingga saat ini. Adapun kegiatan-kegiatan tersebut antara lain: penyambutan ke datangan siswa dengan tartil Al-quran, hafalan sebelum proses belajar mengajar, TPA, pembiasaan shalat Dhuha, shalat Dhuhur berjamaah, shalat Jum’at, pegajian ahad pagi bagi anak kelas 6 dan kegiatan keagamaan lainnya. Hal ini menjadi kajian menarik yang perlu diteliti ditengah merosot atau berkurangnya kegiatan pembelajaran keagamaan di sekolah dasar pada umunya. Sehingga diharapkan bisa menjadi acuan bagi sekolah dasar yang ada di Kabupaten Ponorogo. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah ingin mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru PAI di SD Muhammadiyah Ponorogo. Ingin mengetahui hasil peningkatan guru pendidikan agama Islam di SD Muhammadiyah Ponorogo dan juga untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kompetensi guru PAI di SD Muhammadiyah Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dan hasil yang diperoleh merupakan hasil dari data deskriptif, yakni berupa kata-kata, gambaran dan bukan angka-angka. Sumber data sekaligus informan adalah kepala sekolah, guru PAI serta pihak pihak yang terkait dalam penelitian ini bila diperlukan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru PAI di SD Muhammadiyah yaitu Menjalin hubungan yang harmonis terhadap tenaga pengajar, Melakukan penugasan kepada guru PAI di MGMP/KKG, Megadakan pelatihan kependidikan, serta menyediakan fasilitas penungjang pembelajaran. (2) Hasil peningkatan kompetensi guru PAI yaitu bertambahnya wawasan dan pengetahuan guru PAI, serta pengadaan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran. (3) Faktor Pendukung yaitu: Manajemen kepemimpinan yang baik, Guru telah mengikuti penyetaraan kegiatan pendidikan Murid yang aktif. kedisiplinan guru. Sarana dan prasarana memadai. Faktor Penghambat yaitu: Keterbatasan penggunaan IT, pembelajaran yang masih klasik, banyaknya pekerjaan di SD Muhammadiyah Ponorogo yang mengganggu kegiatan supervisi. Kata Kunci: Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 17 Oct 2016 03:12
Last Modified: 17 Oct 2016 03:12
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2459

Actions (login required)

View Item View Item