ERIKA, YULIA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN STATISTIK SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 PONOROGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (769kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (408kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah model Guided Discovery Learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran statistik siswa. (2) apakah model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran statistik siswa. (3) model mana yang lebih baik mana yang lebih baik antara model Guided Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap kemampuan penalaran statistik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi mencakup seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 3 Ponorogo yang terdiri dari 8 kelas. Dari 8 kelas tersebut, kelas IX G dan IX H terpilih sebagai sampel yang dipilih dengan teknik sampling purposive. Selanjutnya dua kelas dipilih kembali untuk menentukan jenis perlakuan yang akan diberikan. Kelas IX G diberi perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas IX H diberi perlakuan model pembelajaran Guided Discovery Learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes penalaran statistik. Teknik analisis data untuk mengetahui model pembelajaran model Guided Discovery Learning dan Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran statistik yaitu dengan uji t dua sampel dependen, sedangkan untuk mengetahui model mana yang lebih baik terhadap kemampuan penalaran statistik siswa yaitu dengan uji t dua sampel independen. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa model Guided Discovery Learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran statistik siswa, (2) model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran statistik siswa, (3) kemampuan penalaran statistik yang diajarkan dengan model Guided Discovery Learning lebih baik daripada yang diajarkan dengan model Problem Based Learning. Kata Kunci: GDL, PBL, Penalaran Statistik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 26 Sep 2017 03:50 |
Last Modified: | 26 Sep 2017 03:50 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3472 |
Actions (login required)
View Item |