MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST MELALUI PENERAPAN METODE CARD SORT PADA POKOK BAHASAN SURAT AT-TIN BAGI SISWA-SISWI KELAS III MI MA’ARIF PANJENG JENANGAN PONOROGO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016 – 2017

MUJIONO, MUJIONO (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST MELALUI PENERAPAN METODE CARD SORT PADA POKOK BAHASAN SURAT AT-TIN BAGI SISWA-SISWI KELAS III MI MA’ARIF PANJENG JENANGAN PONOROGO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016 – 2017. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https:/eprints.umpo.ac.id

Abstract

Berawal dari kondisi pembelajaran al-Qur’an Hadist kelas III MI Ma’arif Panjeng menunjukan guru masih menggunakan metode yang bersifat konvensional diantaranya metode ceramah dan sesekali diselingi tanya jawab. Guru lebih banyak mendominasi didalam kegiatan pembelajaran, sedangkan siswa hanya duduk dan memperhatikan penjelasn guru terhadap materi pelajaran yang disampaikan guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang menarik bagi siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini menyebabkan minat dan motivasi belajar siswa rendah sehingga berdampak pada hasil belajar al-Qur’an Hadist yang rendah. Kondisi seperti ini perlu diperbaiki dengan metode pembelajaran yang tepat agar dapat meningkatan hasil belajar al-Qur’an Hadist salah satunya dengan metode Card Sort. Didalam mendeskripsikan penerapan metode“Hasil Belajar dan Metode Card Sort pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist kelas III pada pokok bahasan surat AtTin ini, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Apakah Metode Card Sort dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist pokok bahasan Surat At-Tiin bagi siswa-siswi kelas III MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo semester genap tahun pelajaran 2016-2017? (2) Apakah Metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist pokok bahasan Surat At-Tin bagi siswa-siswi kelas III MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo semester genap tahun pelajaran 2016-2017? Didalam menjawab pertanyaan di atas penelitian dirancang dengan menggunakan prosedur atau alur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 (empat) tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini terbukti bahwa: (1) Metode Card Sort dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo (2) Metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 27 Sep 2017 01:51
Last Modified: 27 Sep 2017 01:51
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3496

Actions (login required)

View Item View Item