SILFIANI, VITA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, RECORD, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPN 1 BALONG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (41kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (31kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan model SQ4R pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan karakter rasa ingin tahu dan pemahaman konsep peserta didik kelas VII di SMPN 1 Balong, (2) mengetahui peningkatan karakter rasa ingin tahu peserta didik setelah menerapkan model SQ4R kelas VII di SMPN 1 Balong, (3) mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah menerapkan model SQ4R kelas VII di SMPN 1 Balong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMPN 1 Balong yang berjumlah 21 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan lembar observasi. Kemampuan pemahaman konsep diukur dari hasil tes akhir siklus setiap peserta didik, dan karakter rasa ingin tahu peserta didik diukur dari hasil angket dan lembar observasi. Analisis data hasil tes, angket, dan observasi pada penelitian tindakan kelas ini dengan mencari persentase dari nilai hasil tes, angket, dan observasi yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SQ4R dilakukan dengan langkah-langkah survey (mengerjakan permasalahan pada LKS), question (membuat pertanyaan), read (membaca buku referensi dan menjawab pertanyaan), recite (menyampaikan hasil pekerjaan), record (mencatat atau menandai bagian penting dari materi), review (mengulang kembali materi). Berdasarkan hasil angket dan observasi, persentase karakter rasa ingin tahu peserta didik yang memiliki kriteria tinggi sebesar 14,29% pada siklus I, dan 85,71% pada siklus II. Artinya karakter rasa ingin tahu peserta didik mengalami peningkatan sebesar 71,42 % dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil tes pemahaman konsep peserta didik, diperoleh persentase pemahaman konsep peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan sebesar 71,42 % pada siklus I, dan 90,48 % pada siklus II. Artinya pemahaman konsep matematika peserta didik mengalami peningkatan sebesar 19,06 % dari siklus I ke siklus II. Kata Kunci: SQ4R, karakter rasa ingin tahu, pemahaman konsep.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 20 Apr 2018 02:39 |
Last Modified: | 20 Apr 2018 02:39 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3907 |
Actions (login required)
View Item |