PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, TIPE INDUSTRI, DAN UKURAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP CORPORTAE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016)

Fera, Susilowati (2018) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, TIPE INDUSTRI, DAN UKURAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP CORPORTAE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (728kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (988kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (487kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, tipe industri, ukuran dewan komisaris terhadap corporate social responsibility disclosure pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2013-2016. Data yang digunakan dari penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan yang diakses melalui website www.idx.co.id Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan SPSS ver 2.0. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 21 perusahaan sektor industri barang konsumsi periode 2013-2016. Tahapan pengujian dalam penelitian ini meliputi statistik diskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil dari pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure. Berdasarkan dari data yang dihitung besarnya ukuran perusahaan tidak mempengaruhi tinggi rendahnya pengungkapan CSR. Pengujian hipotesis kedua menunjukkan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility. Berdasarkan hasil yang diteliti profitabilitas yang rendah tidak mempengaruhi tinggi rendahnya pengungkapan CSR. Pengujian hipoteisi ketiga menunjukkan leverage berpengaruh negatif terhadap coporate social responsbility, karena pengungkapan CSR merupakan bukti kepedulian perusahaan terhadap lingkungan tanpa bergantung pada tinggi atau rendahnya hutang perusahaan. Pengujian hipotesis ke empat menunjukkan tipe industri berpengaruh positif signifikan terhadap corporate social responsibility, karena pengungkapan CSR lebih banyak dilakukan oleh industri high profile. Pengujian hipotesis ke lima menunjukka ukuran dewan komisaris berpengaruh positif signifikan terhadap corporate social responsibility disclosure, karena dari hasil data yang diteliti perusahaan menambah jumlah anggota dewan guna untuk mengawasi kinerja direksi dalam hal pelaporan informasi perusahaan baik informasi keuangan maupun informasi aktivitas sosial perusahaan. Pengujian secara simultan menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, tipe industri, dan ukuran dewan komisaris berpengaurh positif signifikan terhadap corporate social responsibility dislcousure Kata Kunci : CSR Disclosure, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Tipe Industri, Ukuran Dewan Komisaris

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Editor FE
Date Deposited: 01 Oct 2018 03:47
Last Modified: 01 Oct 2018 03:47
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3989

Actions (login required)

View Item View Item