RENI, SUDARTI (2018) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 2 KEC. BABADAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
a. HALAMAN DEPAN.pdf Download (853kB) |
|
Text
b. BAB 1.pdf Download (302kB) |
|
Text
c. BAB 2.pdf Download (323kB) |
|
Text
d. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) |
|
Text
e. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
|
Text
f. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
|
Text
g. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) |
|
Text
h. lampiran 1.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui perbedaan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran generatif terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kec. Babadan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian semu (quasi experimental). Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah the nonequivalent posttest-only control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas dengan model pembelajaran generatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kec. Babadan, sampel penelitiannya adalah kelas VIII-A sebagai kelas dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing, dan kelas VIII-B sebagai kelas dengan model pembelajaran generatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah menggunakan soal posttest yang berbentuk uraian untuk mengukur pemahaman konsep siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji paired sample t test. Selanjutnya pengujian hipotesis mengunakan uji independent sample t test untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran generatif ditinjau dari pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran generatif ditinjau dari pemahaman konsep siswa. Hal itu terlihat dari hasil uji independent sample t test sebesar 0.542. Nilai ini menunjukkan bahwa P_value , atau 0.542 0.05 yang mengakibatkan H0 diterima, yang artinya tidak ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang memperoleh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran generatif. Kata Kunci : pembelajaran inkuiri terbimbing, pembelajaran generatif, pemahaman konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 06:27 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 06:27 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4294 |
Actions (login required)
View Item |