PENERAPAN STRATEGI FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 PONOROGO TAHUN AJARAN 2017/2018

Rika, Windi Yunita (2018) PENERAPAN STRATEGI FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 PONOROGO TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HAL DEPAN.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (147kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan keaktifan siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi flipped classroom pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 5 Ponorogo. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIB yang berjumlah 29 siswa sedangkan obyek penelitian adalah keaktifan dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penilaian keaktifan siswa dilihat dari 5 aspek yaitu belajar mandiri, mengerjakan latihan soal, bertanya, menggali informasi dan kerjsama dalam diskusi sedangkan hasil belajar diukur menggunakan soal tes pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan strategi flipped classroom terbukti dapat meningkatkan keaktifan siswa. Pada siklus 1 diperoleh rata-rata keaktifan 55% (kurangaktif) sedangkan siklus 2 sebesar 81% (aktif). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 52% siklus 1 menjadi 79% pada siklus 2. Diperoleh hubungan positif antara kualitas laporan portofolio dan nilai kuis. Kata kunci: flipped classroom, keaktifan, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 08 Oct 2018 06:29
Last Modified: 08 Oct 2018 06:29
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4295

Actions (login required)

View Item View Item