PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYYAH UYUN AL-HIKAM PRAJEGAN PONOROGO TAHUN AJARAN 2018/2019

ARIF, SAFRIANTO (2019) PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYYAH UYUN AL-HIKAM PRAJEGAN PONOROGO TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (919kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (950kB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Prestasi Belajar, Metode Drill, Pembelajaran Bahasa Arab Di suatu lembaga pendidikan formal seperti madrasah, keberhasilan dalam proses belajar mengajar dapat kita lihat dari hasil belajar para peserta didiknya di tunjukan dari hasil prestasi belajar mereka. Keberhasilan para peserta didik sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan keterampilan guru dalam penggunaan metode dan media pembelajaran akan tetapi pada umumnya yang terjadi dalam proses pembelajaran guru kurang bervariasi dalam menyampaikan materi sehingga membuat para peserta didik kurang tertarik mengikuti pelajaran tersebut khususnya dalam pelajaran bahasa arab di MI Uyun Al-hikam Prajegan, Ponorogo. Judul penelitian ini adalah “Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV MI Uyun–Al-Hikam Tahun Ajaran 2018/2019”. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab di MI Uyun Al-Hikam, 2) Bagaimana hasil penerapan metode drill pada siswa/siswi kelas IV MI Uyun Al-Hikam, 3) Apa faktor pendukung dan penghambat dengan adamya metode drill dalam pembelajaran Bahasa Arab di Uyun Al-Hikam. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan metode drill dalam pembelajaran bahasa arab dan meningkatkan hasil prestasi belajar siswa khususnya pada pokok bahasan ”Adawatul madrosiah”,di kelas IV MI Uyun Al-Hikam Prajegan, Ponorogo tahun pelajaran 2018/2019 Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan guru dan siswa dengan pendekatan kualitatif deskriptif, adapun objek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Uyun Al-Hikam yang berjumlah sebanyak 14 siswa/siswi. Tehknik pengumpulan data penelitian ini mengunakan observasi, test (pre-test, post-test), wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil pengamatan dalam pembelajaran bahasa arab mengunakan metode drill tergolong baik di tunjukkan dari peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah di terapkanya metode drill dalam pembelajaran bahasa arab berdasarkan data rekapitulasi hasil tes siswa dari siklus 1 dan siklus 2 presentasi KKM siswa meningkat dari mulai pre test, post test 1 dan post test 2 terlihat pada tahapan tes terakhir pada siklus 2 mencapai 75% yang sebelumnya hanya 50% dari 75% hanya 3 orang siswa yang belum mencapai nilai KKM yaitu 71 dari 12 siswa. Dengan adanya peningkatan hasil belajar para peserta didik bahwa penerapan metode drill di mata pelajaran bahasa Arab pada pokok bahasan “Adawatulmadrosiah” terbilang berhasil dan telah memenuhi KKM yang diharapkan peneliti

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 25 Mar 2019 04:27
Last Modified: 25 Mar 2019 04:27
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4574

Actions (login required)

View Item View Item