DAHNIAR, NUR (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA PADA MATERI MATRIKS. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (881kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (258kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (466kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (807kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (264kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan penalaran matematis siswa pada materi matriks. Kemampuan penalaran matematis (bernalar) akan membantu siswa berpikir lurus, efisien, tepat, dan teratur untuk mendapatkan kebenaran dan menghindari kekeliruan. Selain itu, kemampuan penalaran matematis dapat memudahkan siswa dalam mencari solusi saat mengerjakan suatu soal dan menguatkan konsep-konsep yang telah dipelajari siswa, penalaran berperan dalam upaya mengembangkan dan mengoptimalkan kemampuan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan populasi semua siswa kelas XI MAN 2 Ponorogo yang berjumlah tujuh kelas. Dari tujuh kelas tersebut, kelas XI-Agama terpilih sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non tes sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal tes kemampuan penalaran matematis untuk mengetahui kemampuan penalaran yang dimiliki siswa dan soal tes tulis matematika yang terdiri dari 1 soal untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dalam mengajukan dugaan menggunakan langkah awal terlebih dahulu dengan menuliskan simbol yang sesuai dengan unsur yang diketahui dengan baik. Sedangkan pada kemampuan memanipulasi matematikanya subjek mampu menggunakan simbol yang telah diketahui tadi dan selanjutnya mesnsubstitusikan nilai yang bersesuaian dengan simbol tersebut. Pada kemampuan menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi subjek kesulitan dalam menentukan cara apa yang digunakan untuk memperoleh total jawabannya. Hal ini dibuktikan dengan hanya ada 2 subjek yang menggunakan aturan perkalian matriks sedangkan yang lainnya hanya menggunakan perkalian biasa. Lalu untuk kemampuan menarik kesimpulan dari pernyataan subjek juga tidak mampu untuk menuliskan hasil akhir tersebut yang diperoleh dengan terlebih dahulu mengerjakan langkah-langkah awal seperti menentukan simbol x dan y, mencari total pemasukan sehingga mampu memperoleh hasil akhir yang dijadikan sebagai kesimpulan tersebut. Kemudian pada kemampuan memeriksa kesahihan suatu argumen subjek mampu menjelaskan langkah-langkah awal sampai akhir dengan baik. Yang terakhir kemampuan menemukan pola atau sifat dari gejala matematis subjek juga mengalami kesulitan karena tidak paham pola yang dimaksud. Kata Kunci: Penalaran Matematis, Kemampuan Penalaran Matematis, Matriks.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 03:02 |
Last Modified: | 08 May 2019 06:17 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4680 |
Actions (login required)
View Item |