UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 JETIS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

LUTVIANASARI, IKA (2014) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 JETIS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (18kB)
[img]
Preview
Text
abstrak , kata pgantar dll.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 - 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Ika Lutvianasari, 2013, Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Metode Pembelajaran Talking Stick Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Jetis Tahun Pelajaran 2013/2014. Pembimbing I : Drs. Mahmud Isro’i, M.Pd. Pembimbing II : Yogi Prasetyo, S.Pd.SH.MH. Kata Kunci : Pembelajaran Talking Stick, Motivasi Belajar. Dalam proses belajar mengajar seorang guru harus mampu mengelola seluruh proses kegiatan belajar-mengajar, dalam observasi yang peneliti lakukan dikelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Jetis, proses pembelajaran yang berlangsung masih menggunakan metode ceramah dan siswa masih terlihat pasif, berdasarkan kenyataan tersebut, perlu diterapkan pendekatan pembelajaran yang dapat membuat situasi berbeda di dalam proses pembelajaran, pembelajaran yang dimaksud yaitu menggunakan metode pembelajaran talking stick. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode talking stick dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Jetis tahun pelajaran 2013/2014, dan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran talking stick berpengaruh dalam peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Jetis tahun pelajaran 2013/2014. Suprijono (2009: 90) mengemukakan bahwa talking stick merupakan suatu model pembelajaran yang menggunakan sebuah tongkat sebagai alat penunjuk giliran, siswa yang mendapat tongkat akan diberi pertanyaan dan harus menjawabnya, kemudian secara estafet tongkat tersebut berpindah ketangan siswa lainnya secara bergiliran, demikian seterusnya sampai seluruh siswa mendapat tongkat dan pertanyaan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus menurut MCTaggart, dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai bulan September di SMP Muhammadiyah 3 Jetis dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B dengan jumlah siswa 17 siswa. Pokok bahasan yang digunakan adalah Nilai-nilai Pancasila Hasil pengamatan motivasi belajar siswa selama pembelajaran pada siklus I menunjukkan angka 78 dengan kategori baik dan siklus II 87 dengan kategori sangat baik, dan hasil belajar siswa juga meningkat siklus I siswa yang tuntas sebanyak 53% dan siklus II sebanyak 100% berarti ada kenaikan pada pengamatan motivasi belajar pada siklus I sampai siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran talking stick dapat meningkatkan motivasi belajar PKn pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Jetis Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode pembelajaran talking stick dapat dijadikan sebagai suatu alternatif pembelajaran dalam mata pelajaran PKn untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 02 May 2014 04:01
Last Modified: 02 May 2014 04:01
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/487

Actions (login required)

View Item View Item