PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DAN KEFASIHAN BACA AL-QUR’AN DI MI MA’ARIF PANJENG JENANGAN PONOROGO

Ahroni, Ahroni (2019) PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DAN KEFASIHAN BACA AL-QUR’AN DI MI MA’ARIF PANJENG JENANGAN PONOROGO. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Ummi Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Al-Qur’an yang dihadapkan pada zaman yang lebih berat dimana sekarang ini dengan mudah dijumpai anak-anak dan remaja muslim yang belum mampu membaca Al-Qur’an. MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo merupakan bagian dari Yayasan Pendidikan Islam Panjeng yang didirikan di Desa Panjeng dan diasuh oleh Miftahul Huda S.Pd,I sebagai Kepala Madrasahnya. Dengan menggunakan metode Ummi sebagai usaha dalam meningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an sedini mungkin. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an di MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo? (2) Bagaimana implikasi metode Ummi dalam meningkatkan kualitas dan kefasihan baca Al-Qur’an di MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitiannya di MI Ma’arif Panjeng Jenangan Ponorogo dan dalam pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, dokumentasi dan wawancara secara mendalam dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Langkah-langkah para pendidik metode Ummi selalu berpedoman dan sesuai pada aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh Ummi Foundation. (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Ummi sudah disusun secara sistematis dan sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator yang ditetapkan pada buku panduan metode Ummi, sehingga pembelajaran yang dilaksanakan bisa berhasil dengan baik. (3) Pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan pola Klasikal Baca Simak, pola ini mempunyai kelebihan dalam penyampaian materi, siswa perperan aktif dalam pembelajaran. Terwujudnya siswa yang aktif tersebut pada akhirnya menunjukkan peningkatan baik kualitas maupun kefasihan dalam membaca Al- Qur’an kemampuan siswa dalam ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik siswa. (4) Implikasi metode Ummi ini setelah diterapkan kepada siswanya bahwa, siswa mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid yang benar (tartil); siswa merasa senang dan semangat dalam belajar Al-Qur’an; siswa mampu membaca bacaan dengung dan jelas, bacaan panjang dan pendek, serta mampu membedakan lafadz Allah (tafkhim dan tarqiq); siswa mampu mengoreksi kesalahan baik dirinya sendiri maupun teman sejawat, sehingga pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai dengan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Ummi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Depositing User: Editor PASCA
Date Deposited: 04 Oct 2019 02:37
Last Modified: 04 Oct 2019 02:37
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5010

Actions (login required)

View Item View Item