ANALISIS BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT

Rahmawati, Sayyidah Umma (2019) ANALISIS BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berpikir reflektif siswa ditinjau dari gaya kognitif field independent dan berpikir reflektif siswa ditinjau dari gaya kognitif field dependent. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Sulamul Huda Siwalan Ponorogo pada kelas VIII. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah tes Group Embedded Figure Test (GEFT), tes soal berpikir reflektif dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator berpikir reflektif reacting terdapat kesamaan berpikir reflektif siswa dengan gaya kognitif field independent dan field dependent. Namun terdapat perbedaan pada indikator berpikir reflektif comparing, yaitu siswa field independent kurang mampu mengubungkan pengetahuan yang dimiliki dengan yang diberikan sedangkan field dependent mampu menghubungkan pengetahuan yang dimiliki dengan yang diberikan. Selain itu juga terdapat perbedaan pada indikator berpikir reflektif contemplating, yaitu siswa field independent tidak mampu mendeteksi jika terjadi kesalahan sedangkan siswa field dependent mampu mendeteksi jika terjadi kesalahan. Temuan lain dari penelitian ini adalah bahwa siswa field independent menjelaskan jawabannya secara rinci, cenderung menggunakan cara menghafal dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Sedangkan siswa field dependent menjelaskan jawabannya secara umum, memiliki analisis yang baik dan menyukai cara yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir Reflektif, Gaya Kognitif, Field Independent, Field Dependent
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:22
Last Modified: 24 Aug 2020 02:22
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5492

Actions (login required)

View Item View Item