POLA PEMBELAJARAN PONDOK PESANTREN WALI SONGO PUTRI NGABAR PONOROGO DALAM PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA

Aini, Siti Nur (2019) POLA PEMBELAJARAN PONDOK PESANTREN WALI SONGO PUTRI NGABAR PONOROGO DALAM PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN (JUDUL-DAFTAR BAGAN).pdf

Download (1MB)
[img] Text
1. BAB I AINI.pdf

Download (375kB)
[img] Text
2. BAB II AINI.pdf

Download (443kB)
[img] Text
3. BAB III AINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
4. BAB IV AINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] Text
5. BAB V AINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
LAMPIRAN SITI NUR AINI PPKN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaaan pembelajaran di Pondok Pesantren Wali Songo Putri Ngabar dalam penerapan nilai- nilai Pancasila, (2) menciptakan pola pembelajaran di Pondok Pesantren Wali Songo Putri Ngabar dalam penerapan nilai- nilai Pancasila. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh dari informan yaitu Pimpinan Pondok, Kepala Tarbiyatul Mu’alimat, Guru Pengajar, Serta Perwakilan Para Santriwati . Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan dan menyusun data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian (1) Pelaksanaan Pembelajaran di Pondok Pesantren Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo Dalam Penerapan Nilai- Nilai Pancasila sudah terlaksana sesuai dengan sila pancasila (2) Pola Pembelajaran di Pondok Pesantren Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo Dalam Penerapan Nilai- Nilai Pancasila dapat disimpulkan segala kegiatan mengacu pancajiwa serta arah dan tujuan Pondok Pesantren Wali Songo Putri Ngabar Ponorogo. Khusunya dalam kegiatan pembelajaran, melalui kegiatan pembelajaran para santriwati menerapkan nilai- nilai Pancasila yang telah diajarkan oleh Ustadz dan Ustadzah di Pondok Pesantren tersebut. Nilai Ketuhanan, Nilai Kemanusiaan, Nilai Persatuan, Nilai Kemasyarakatan, dan Nilai Keadilan sudah diterapkan para santriwati di sudah diterapkan dengan baik dalam kegiatan sehari- hari di lingkungan Pondok Pesantren tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola, Pembelajaran, Pondok Pesantren, Nilai-Nilai Pancasila
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 27 Aug 2020 01:54
Last Modified: 27 Aug 2020 01:54
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5529

Actions (login required)

View Item View Item