ANALISIS WACANA MODEL NORMAN FAIRCLOUGH DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “AYO LAWAN CORONA” DARI MEDCOM.ID DI TELEVISI KOMPAS TV

Eka Dharma Pratiwi, Yunita (2020) ANALISIS WACANA MODEL NORMAN FAIRCLOUGH DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “AYO LAWAN CORONA” DARI MEDCOM.ID DI TELEVISI KOMPAS TV. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN COVER.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)

Abstract

Iklan merupakan tayangan yang kerap muncul dalam berbagai media. Seperti halnya iklan dalam media televisi dengan seiringnya perkembangan jaman dan teknologi yang semakin canggih dan modern membuat tayangan iklan ditelevisi semakin menarik dan kreativ. Karena disajikan dalam bentuk audio visual, dan grafis. Seperti halnya iklan lawan corona dari medcom.id yang hanya tayang di kompas TV. Corona merupakan virus berbahaya yang saat ini menyerang dunia dan efeknya bisa membuat seseorang mati apabila tidak segera diatasi. Dalam iklan ini mengajak masyarakat untuk melakukan perilaku social distancing, dan menambah wawasan masyarakat seberapa bahayanya virus corona dan pentingnya perilaku social distancing. Analisis wacana Norman Fairclough digunakan untuk mengetahui bagaimana wacana isi pesan dan hubungan di kehidupan masyarakat dalam iklan dan bagaimana masyarakat mengkonsumsi serta menirukan perilaku social distancing yang dianjurkan dalam iklan. Kesimpulan penelitian ini menggunakan tiga dimensi dari teori analisis Norman Fairclough yaitu teks, discourse practice, dan sociocultural practice,yang berarti mengungkap teks yang disampaikan dalam iklan berhubungan dengan kondisi yang terjadi saat ini disekitar masyarakat. discourse practice dapat dilihat dari bagaimana masyarakat mengkonsumsi iklan yang mana mereka mudah memahami tayangan iklan dan mengingatnya, sedangkan untuk socioculturale practice adalah masyarakat menirukan tindakan dalam iklan. Sehingga tayangan ini membantu dan mengingatkan masyarakat untuk tetep melakukan social distancing.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis, Iklan Layanan Mayarakat, Corona
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 02 Feb 2021 05:40
Last Modified: 02 Feb 2021 05:40
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5942

Actions (login required)

View Item View Item