MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS V SDN 1 BUNGKAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

IMAM , NUR UDIN (2014) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS V SDN 1 BUNGKAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Artikel thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Think Pair Share TPS pada Kelas IX H SMP Negeri 3 Ponorogo Tahun Pelajaran 2012 2013.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER KATA PENGANTAR DAN PERANGKAT LAIN.pdf

Download (699kB) | Preview
[img] Text
BAB I _ III.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (437kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (878kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (290kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Udin, Imam Nur. 2013. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas V SDN 1 Bungkal Ponorogo Tahun Pelajaran 2013 / 2014.Skripsi Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing: 1 Ardhana Januar, S.AP M.KP Pembimbing: 2 Drs. H Eko Herry Suprayitno, M.Pd Kata Kunci:Prestasi, Snowball Throwing Hasil observasi awal yang dilakukan di Siswa Kelas V SDN 1 Bungkal Ponorogo Tahun Pelajaran 2013 / 2014 proses pembelajaran yang berlangsung masih menggunakan metode ceramah dan siswa masih terlihat pasif dalam mengikuti pelajaran. Berdasarkan kenyataan tersebut, perlu diterapkan pendekatan pembelajaran yang dapat membuat situasi berbeda di dalam proses pembelajaran, pembelajaran yang dimaksud yaitu metode Snowball Throwing. Model Pembelajaran Snowball Throwing merupakan salah satu metode cooperative learning. Menurut Saminanto “Metode Pembelajaran Snowball Throwing disebut juga metode pembelajaran gelundungan bola salju”. Metode pembelajaran ini melatih siswa untuk lebih tanggap menerima pesan dari siswa lain, dan menyampaikan pesan tersebut kepada temannya dalam satu kelompok Subjek penelitian adalah siswa kelas Kelas V SDN 1 Bungkal Ponorogo dengan jumlah siswa 37 siswa. Pokok bahasan yang digunakan adalah kebebasan berorganisasi di sekolah dan masyarakat, karena berdasarkan pengamatan peneliti siswa kurang memahami tentang organisasi di sekolah dan masyarakat dalam dikehidupan sehari-hari. Kualitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN 1 Bungkal Ponorogo Tahun Pelajaran 2013/2014 mengalami peningkatan yang signifikan. tingkat prestasi siswa pada siklus I ke siklus II, yakni pada nilai siklus I nilai Sikap 60, Keaktifan 56 Mengungkapkan Pengertian 62 dan Wawasan 62 rata-rata prestasi siswa pada siklus Iadalah 60. Sedangkan siklus II mengalami peningkatan nilai pada Sikap 88 Keaktifan 90, Mengungkapkan pengertian 88, dan Wawasan 91 sehingga rata-rata tingkat prestasi siswa pada siklus II adalah 89. Penerapan metode Snowball Throwing dapat berjalan dengan lancar dan sukses hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn terlihat dari perubahan nilai prestasi siswa rata-rata siswa pada silkus I 62 dan pada nilai rata-rata siklus II adalah 89 hal ini membuktikan bahwa metode Snowball Throwing dapat digunakan dan berjalan dengan baik. Pelaksanaan metode pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Terbukti dengan meningkatnya nilai rata – rata hasil belajar kelompok dari siklus pertama ke siklus ke dua, Nilai hasil belajar kelompok siswa meningkat dari 65 menjadi 90 mengalami kenaikan sebesar 20 % selain itu juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa saat mengikuti mata pelajaran PKn terbukti dengan meningkatnya nilai tingkat prestasi siswa pada siklus pertama 62 menjadi 89 pada siklus kedua sehingga mengalami peningkatan sebesar 24%.

Item Type: Thesis (Artikel)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 28 Mar 2014 04:11
Last Modified: 28 Mar 2014 04:11
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/67

Actions (login required)

View Item View Item