Rizal Triwahyu zamhari, Muhammad (2021) PENGARUH VARIASI LUBANG KATALIS TERHADAP EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR BERBAHAN BAKAR CAMPURAN PERTALITE DAN ETANOL. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat keputusan unggah karya ilmiah)
Surat persetujuan unggah karya ilmiah.pdf Download (405kB) |
|
Text (Halaman depan)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
bab 1.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB II)
bab 2.pdf Download (328kB) |
|
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
|
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
|
Text (BAB V)
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
daftarpustaka.pdf Download (134kB) |
|
Text (Lampiran)
gambar lampiran.pdf Download (620kB) |
Abstract
Dari perkembangan dan kemajuan sebuah negara maka semakin meningkatnya kendaran bermotor, dan menambah pencemaran udara maka dari itu perlu sebuah converter katalis tembaga pada kenalpot untuk mengurangi emisi gas buang yang di hasilkan kendaraan bermotor. Katalis yang terbuat dari bahan tembaga bisa menurunkan kadar CO dan HC selain itu mudah untuk kita dapatkan bahan dasarnya serta untuk pembuatan katalis juga sedikit mudah. Pemanfaatan katalis untuk mengurangi gas HC dan CO dari proses pembakaran kendaran bermotor yang kurang sempurna dan di tambah lagi bahan bakar yang bercampur etanol 96% dengan perbandingan 2% yang sedikit membantu untuk penyempurnaan pembakaran kendaraan bermotor.Penelitian ini sejenis eksperimental yang melibatkan variabel bebas dan terikat. Variabel bebasnya desain lubang katalis dari bahan tembaga yang dibentuk berlubang kanan berlubang kiri dan berlubang penuh sedangkan variabel terikatnya emisi gas buang yang di ukur menggunakan gaz analyzer untuk mengetahui penurunan kadar CO dan HC.Presentase penurunan kadar CO yang paling rendah menggunakan katalis lubang kanan yang menggunakan campur pertalite dan etanol dengan nilai rata-rata 0,27% Diputaran 8500-9000 RPM. Presentase penurunan kadar HC yang paling rendah katalis lubang kanan dengan nilai 137ppm pada putaran 7000 RPM.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modifikasi Katalis Tembaga, Variasi Lubang Katalis Tembaga, Katalis Tembaga, Pengaruh Katalis |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Faculty of Engineering |
Depositing User: | ft . userft |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 07:02 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 01:32 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7677 |
Actions (login required)
View Item |