PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV DI MI MA'ARIF AL-ISHLAH KALISAT BUNGKAL PONOROGO

Syarifah, Imroatu (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV DI MI MA'ARIF AL-ISHLAH KALISAT BUNGKAL PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
9-Surat Setuju Unggah.pdf

Download (302kB)
[img] Text (Halaman Depan)
1-Bagian Depan.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
2-BAB I.pdf

Download (568kB)
[img] Text (BAB II)
3-BAB II.pdf

Download (484kB)
[img] Text (BAB III)
4-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
[img] Text (BAB IV)
5-BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[img] Text (BAB V)
6-BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
7-Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB)
[img] Text (Lampiran)
8-Lampirran.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Syarifah Imroatu. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IV di MI ma’arif Al-Ishlah Kalisat Bungkal Ponorogo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (1) Dr. Syarifan Nurjan, MA.,Pembimbing (II) Lilis Sumaryanti M.Pd.I. Kata Kunci: Media Audio Visual, Motivasi Belajar Proses belajar mengajar akan lebih maksimal apabila dalam pembelajaran disertai dengan penggunaan media pembelajaran yang mendukung. Tujuannya adalah agar peserta didik memiliki semangat dalam belajar. Pada saat proses belajar mengajar terdapat beberapa siswa yang cenderung mengantuk dan kurang memperhatikan. Maka dari itu dengan menggunakan media pembelajaran diharapkan dapat menarik perhatian siswa, supaya siswa tidak mudah bosan serta memiliki motivasi yang tinggi. Hal inilah yang menjadi motivasi peneliti untuk melaksanakan penelitian dengan menggunakan media audio visual dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas empat di MI Ma’arif Al-Ishlah Kalisat Bungkal Ponorogo. Penelitin ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah penggunaan media audio visual dalam pembelajaran memiliki pengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik regresi linier sederhana. Dimana dengan teknik tersebut dapat diketahui apakah penggunaan media audio visual berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV di MI Ma’arif Al-Ishlah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan instrument angket. angket yang telah disebarkan kemudian diolah dengan uji statisik data SPSS 0.17. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Ma’arif Al-Ishlah sudah pernah dilakukan. Tetapi media audio visual belum digunakan pada seluruh mata pelajaran. Sehingga peserta didik ada yang belum faham tentang pembelajaran dengan media audio visual. Pada penelitian ini hasilnya menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Selanjutnya data dianalisis dengan uji regresi linier sederhana. Data yang diperoleh dari responden atau siswa. Diketahui hasil uji T adalah t tabel sebesar 2,019 dan t hitung sebesar 1,164. Hal ini berarti t hitung kurang dari t hitung < t tabel. Maka Ho diterima dan Ha ditolak sehingga hasilnya tidak signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual tidak berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Al-Ishlah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 20 Sep 2021 02:22
Last Modified: 05 Nov 2021 03:48
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7952

Actions (login required)

View Item View Item