KHASANAH, NURUL (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PENEMUAN TERBIMBING SETTING TURNAMEN BELAJAR UNTUK SISWA KELAS XI IPA SMA IMMERSION TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
NRL368__Halaman judul.pdf Download (896kB) | Preview |
|
|
Text
NRL368_BAB I.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text
NRL368_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
||
Text
NRL368_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
||
Text
NRL368_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
NRL368_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
|
Text
NRL368_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Aktivitas Belajar, Pemahaman Konsep, Penemuan Terbimbing, Turnamen Belajar. Kegiatan belajar mengajar yang masih bersifat “teacher oriented” menyebabkan rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran. Siswa sering melakukan aktivitas-aktivitas yang tidak relevan karena mengalami kejenuhan dengan rutinitas pembelajaran yang didominasi oleh aktivitas mendengarkan dan mencatat. Pemahaman konsep matematika siswa juga masih rendah. Siswa cenderung untuk menghafal rumus-rumus matematika dan prosedur penyelesaian soal sehingga kemampuan siswa untuk menyelesaikan permasalahan yang membutuhkan pemahaman konsep masih rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini berupaya untuk meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa melalui model penemuan terbimbing setting turnamen belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran matematika. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan & observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Immersion tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 10 siswa. Instrumen dalam penelitian ini meliputi lembar observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model penemuan terbimbing setting turnamen belajar dapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini berdasarkan (1) Analisis hasil observasi aktivitas belajar siswa yang menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari kategori cukup, baik, dan sangat baik menjadi baik dan sangat baik. (2) Analisis hasil tes kemampuan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu dari kategori baik menjadi baik dan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 12 Jan 2015 02:53 |
Last Modified: | 12 Jan 2015 02:53 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/797 |
Actions (login required)
View Item |