IMPLEMENTASI PENDIDIKAN RAMAH ANAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS DI AL HIKMAH BETON SIMAN PONOROGO

Indah, Jaliil (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN RAMAH ANAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS DI AL HIKMAH BETON SIMAN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (383kB)
[img] Text (Halaman Depan)
0 COVER SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (549kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)
[img] Text (Lampiran)
PEDOMAN WAWANCARA NEW.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jaliil Indah. 2021. Implementasi Program Panti Ramah Anak dalam Membentuk Karakter Religius di Al-Hikmah Beton Siman Ponorogo. Skripsi Program Strata Satu (S-1), Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: (1) Nuraini, M.Pd.I, (2) Nurul Abidin, M.Ed. Kata Kunci : Pendidikan, Ramah Anak, Karakter Religius. Implementasi pendidikan ramah anak merupakan suatu tindakan yang dilakukan baik itu secara individu maupun kelompok yang mana diarahkan pada suatu jalan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam proses mengimplementasikan pendidikan ramah anak dalam membentuk karakter religius di panti asuhan Al Hikmah tentunya terus berupaya untuk mengembangkan berbagai program guna mencapai tujuan menjadi panti ramah anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan ramah anak dalam membentuk karakter religius yang diterapkan di Al Hikmah Beton Siman Ponorogo, karena dengan berbagai program yang telah dijalankan, tentu mampu memberikan hasil dan harapan yang tentunya hendak dicapai untuk menjadi panti yang ramah anak. Selain itu mengetahui berbagai faktor pendukung dan penghambat dalam membangun dan menerapkan sebuah panti ramah anak, serta mampu mengetahui dampak dari implementasi pendidikan ramah anak yang telah di lakukan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitain ini adalah metode deskriptif kualitatif dan dalam proses pengumpulan datanya dilakukan dengan proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis pembahasan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah implementasi pendidikan ramah anak dalam membentuk karakter religius yang diterapkan di Panti Asuhan Al Hikmah Beton Siman Ponorogo dillakukan dengan cara mengimplementasikan pendidikan ramah anak dalam membentuk karakter religious seperti, kegiatan tilawah, muhadhoroh, tahfudz qur’an, pembelajaran keagamaan melalui pendidikan madrasah diniyah wustha, serta kegiatan keagamaan lainya yang mampu membentuk karakter dan kepribadian santri ataupun anak asuh yang islami. Tidak hanya sebatas kegiatan keagamaan, akan tetapi juga pembiasaan, penanaman kedisiplinan dan pembentukkan karakter juga telah dilakukan dengan cara memberikan berbagai edukasi dan pengarahan kepada anak asuh. Selain itu adanya pelayanan dan pemberian fasilitas yang baik, nyaman dan menyenangkan, sehingga mampu memberikan kepuasan bagi seluruh anak asuh dan menjadikan panti asuhan menjadi lingkungan yang ramah anak. Pada proses mengimplementasikan pendidikan ramah anak dalam membetuk karakter religius di Panti Asuhan Al Hikmah, tentu memberikan pengaruh pada diri anak yang mana sebelumnya belum mampu menerapkan kedisiplinan, karakter, dengan munculnya pendidikan ramah anak, tentu mampu memberikan kontribusi dan motivasi serta perubahan bagi anak asuh seperti, munculnya pembiasaan pola 3 S yakni sapa, salam, dan santun, kedisiplinan dan karakter yang tertata dengan baik. Selain itu dengan pelayanan yang baik tentu juga akan mempengaruhi tingkat kenyamanan anak asuh dalam menciptakan suasana panti yang ramah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Ramah Anak, Karakter Religius.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 06 Oct 2021 05:39
Last Modified: 16 Nov 2021 01:35
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8295

Actions (login required)

View Item View Item