IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK JUMP NUMBER UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK BINA PUTRA MOJOPURNO

Maharani, Devia (2022) IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK JUMP NUMBER UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK BINA PUTRA MOJOPURNO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.PDF

Download (401kB)
[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (923kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)
[img] Text
Devia Maharani (17340070)-SKRIPSI IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK JUMP NUMBER UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK BINA PUTRA MOJOPURNO (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Devia Maharani. Implementasi Permainan Tradisional Engklek Jump Number Untuk Menstimulus Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di TK Bina Putra Mojopurno. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1 Betty Yulia Wulansari, M.Pd., Pembimbing 2 Rendy Setyowahyudi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk: mendiskripsikan implementasi permainan tradisional engklek jump number untuk menstimulus kemampuan kognitif anak usia dini di TK Bina Putra Mojopurno. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Karena data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar, dan bukan angka. Penelitian ini melibatkan anak kelompok B di TK Bina Putra Mojopurno. Penelitian ini dilakukan selama 3 kali dalam 2 minggu dengan melakukan kegiatan engklek jump number yang bertujuan untuk mengenalkan lambang bilangan, berhitung, mengenal macam-macam buah, mengenal macam-macam warna, mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, mengenal lambang bilangan huruf vokal dan konsonan, mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan, dan mempresentasikan benda dalam bentuk gambar ataupun tulisan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian pada permainan engklek jump number menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak usia dini sudah terstimulus karena anak mampu mengenal lambang bilangan 1-9, anak mampu berhitung 1-9, mengenal macam-macam buah, mengenal macam-macam warna, mencocokkan lambang bilangan dengan bilangan dan meniru sekaligus membedakan lambang bilangan huruf vokal dan konsonan. Kata Kunci: Permainan Tradisional, Engklek Jump Number, Kemampuan Kognitif, Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: permainan tradisional, engklek jump number, kemampuan kognitif, anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 07 Mar 2022 02:06
Last Modified: 07 Mar 2022 02:06
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8616

Actions (login required)

View Item View Item