PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH PONOROGO
Putri Aulia, Nur Elfian (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (Surat Unggah Hasil Karya)
Surat Unggah Hasil Karya_Putri.pdf Download (200kB) |
|
|
Text (Halaman Depan)
Skripsi Elfian Nur Aulia Putri_PGMI (20150430)-1-15.pdf Download (889kB) |
|
|
Text (Bab 1)
Skripsi Elfian Nur Aulia Putri_PGMI (20150430)-16-26.pdf Download (76kB) |
|
|
Text (Bab 2)
Skripsi Elfian Nur Aulia Putri_PGMI (20150430)-27-59.pdf Download (263kB) |
|
|
Text (Bab 3)
Skripsi Elfian Nur Aulia Putri_PGMI (20150430)-60-78.pdf Download (224kB) |
|
|
Text (Bab 4)
Skripsi Elfian Nur Aulia Putri_PGMI (20150430)-79-96.pdf Download (248kB) |
|
|
Text (Bab 5)
Skripsi Elfian Nur Aulia Putri_PGMI (20150430)-97-99.pdf Download (104kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Skripsi Elfian Nur Aulia Putri_PGMI (20150430)-100-105.pdf Download (183kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Skripsi Elfian Nur Aulia Putri_PGMI (20150430)-106-146.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (Full Teks)
Skripsi Elfian Nur Aulia Putri_PGMI (20150430).pdf Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan di Indonesia mengalami banyak perubahan. Penting untuk kita sebagai pendidik untuk memperhatikan masalah-masalah yang terjadi di lingkup pendidikan secara cermat sehingga dengan begitu kekurangan yang terdapat dalam dunia pendidikan mampu diperbaiki dengan baik dan agar masyarakat mendapatkan kehidupan yang layak serta lebih baik di masa yang akan datang, hal inilah yang menjadi penyebab dari pentingnya peran pendidikan dalam kehidupan. Mengetahui pengaruh metode pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan bernalar kritis pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Ponorogo. Seorang guru atau pendidik juga harus tahu dan mengenal dengan baik karakter atau gaya belajar dan bakat-bakat yang dimiliki oleh masing-masing anak didik demi memberikan stimulus atau pengalaman untuk bisa menyalurkan serta mengembangkan bakat mereka secara optimal yang sesuai dengan tujuan pendidikan
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini menggunakan populasi 139 siswa dan sampel 103 responden. Peneliti menguji kenormalan data dengan menggunakan one sample Kolmogorov Smirnov, sehingga dapat diketahui nilai signifikansi sebesar 0,200>0,05 yang merupakan nilai standart statistik. nilai signifikan Deviation from Linearity sebesar 0,082>0,05.
Hasil uji homogenitas diperoleh nilai sebesar 0,150>0,05. Didapatkan hasil nilai F hitung 12.862 dengan nilai signifikansi 0,001, yang berarti nilai tersebut lebih kecil (>) dari 0,05. Nilai t tabel sebesar 1,984 sedangkan t hitung sebesar 3,586 maka t hitung lebih besar daripada t tabel. Uji Hipotesis pada koefisien determinasi (R Square) memiliki nilai sebesar 11,3%. pembelajaran berbasis proyek dapat mempengaruhi kemampuan bernalar kritis siswa dengan signifikan, diperolehnya signifikansi dengan nilai 0,000 dan α (0,000 0,05) yang menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Mathematics Learning, Critical Thinking |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Departement of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education |
| Depositing User: | fai , userfai |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 05:57 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 05:57 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/14960 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
