IMPLEMENTASI KEGIATAN MENDONGENG UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA 'AISYIYAH PLALANGAN 1
Riasmoro, Asri Nisrina (2024) IMPLEMENTASI KEGIATAN MENDONGENG UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA 'AISYIYAH PLALANGAN 1. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
![]() |
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAHAN KARYA ASRI NISRINA.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (545kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan kemampuan membaca pada anak usia dini adalah faktor
penting dalam pendidikan yang berdampak pada kesuksesan masa depan mereka.
Pada usia 5-6 tahun, anak-anak mulai membangun dasar literasi yang akan
memengaruhi proses belajar selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk
mengetahui implementasi kegiatan mendongeng sebagai metode untuk
menstimulus kemampuan membaca pada anak usia 5-6 tahun di RA 'Aisyiyah
Plalangan 1. (2) Untuk mengetahui problematika yang muncul ketika
pengimplementasi kegiatan mendongeng sebagai metode untuk menstimulus
kemampuan membaca pada anak usia 5-6 tahun di RA 'Aisyiyah Plalangan 1.
Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif. Dilaksanakan
pada siswa kelas B di RA 'Aisyiyah Plalangan 1, pada 10 hingga 11 Juni 2024.
Sumber data pada penelitian ini menggunakan sumber data jenis induktif yaitu guru
dan siswa menjadi sumber utama dan untuk sumber data pendukung adalah
dokumen-dokumen yaitu kurikulum sekolah, rencana pembelajaran, catatan
pengamatan, atau hasil tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu menggunakan Miles Huberman yang meliputi pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam
penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data.
Hasil dari penelitian ini adalah implementasi kegiatan mendongeng di RA
'Aisyiyah Plalangan 1 adalah metode yang sangat efektif untuk menstimulus literasi
anak. Selain meningkatkan minat mereka dalam membaca, kegiatan mendongeng
juga berdampak positif pada kemampuan anak dalam berbicara, membaca, dan
menulis. Melalui mendongeng, anak-anak tidak hanya mendengarkan dan
memahami cerita, tetapi juga mengembangkan bahasa lisan, pemahaman membaca
yang mendalam, dan keterampilan menulis. Namun dalam pelaksanaannya masih
terdapat beberapa kendala seperti kesulitan dalam focus anak, keterbatasan media,
respon anak yang bervariasi, kesulitan dalam bertanya, dan keterbatasan alat
peraga.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan Mendongeng; Kemampuan Membaca Anak; Kemampuan Menulis; Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 02:13 |
Last Modified: | 19 May 2025 02:09 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |