PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PONOROGO
Shidiq, Najaz (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
![]() |
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
01. Surat Persetujuan Unggah Karya.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text (HALAMAN DEPAN)
2. Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
![]() |
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
![]() |
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
9. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
10. Skripsi Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan agama Islam merupakan materi yang memberikan dampak positif terhadap kehidupan peserta didik sekarang maupun masa depan, pendidikan agama Islam menjadi fondasi atau dasar dalam menjalani kehidupan dengan aturan-aturan atau syariatnya. Terdapat fenomena yang kurang baik dalam kehidupan remaja, maraknya tindakan-tindakan menyimpang yang menandakan buruknya pengamalan mata pelajaran yang diberikan di sekolah, seperti ibadah salat yang tidak tertib atau masih terdapat kesalahan dalam pengamalannya, adab yang buruk terhadap orang tua, pacaran dan lain sebagainya. Salah satu penyebab dari hal tersebut yakni terdapat masalah dalam mengajarkan mata pelajaran pendidikan agama Islam salah satunya adalah pada model pembelajaran, guru cenderung menggunakan model ceramah atau model konvensional lainnya yang monoton, maka dibutuhkan inovasi atau hal baru dalam model pembelajaran dan memberikan pengalaman bagi peserta didik agar tujuan pendidikan agama Islam dapat terwujud dengan baik, salah satu modelnya yaitu model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran PAI terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ponorogo, fokus penelitian ini yakni menggunakan variabel bebas yaitu model pembelajaran proyek dan variabel tetap yaitu prestasi belajar pada aspek psikomotorik atau aspek keterampilan.
Metode yang peneliti gunakan yakni kuantitatif dengan jenis survei menggunakan kuesioner sebagai instrumen atau alat pengumpulan data, populasi pada penelitian ini yakni siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ponorogo sebanyak 295 anak, untuk menentukan sampel peneliti menggunakan teknik probability sampling atau kesempatan yang sama diberikan kepada seluruh populasi untuk menjadi sampel, jenis yang digunakan yaitu simple random sampling dan untuk menentukan jumlah sampelnya yakni menggunakan rumus slovin dan ditemukan hasilnya sebanyak 75 anak. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, linieritas dan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran PAI terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ponorogo dengan persentase sebesar 43%, sehingga model pembelajaran berbasis proyek ini memberikan interaksi positif terhadap prestasi belajar aspek psikomotorik siswa pada mata pelajaran PAI, sehingga model ini dapat dijadikan inovasi dalam pembelajaran mata pelajaran PAI khususnya kelas VIII SMP.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 06:57 |
Last Modified: | 21 May 2025 06:54 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15244 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |