Strategi Membangun Keterlibatan Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Surat Pendek Anak Usia Dini (Studi Multi Kasus Di TK PGRI Grogol Dan Di TK Dharma Wanita Pangkal 1 Sawoo Ponorogo)
Hanik, Umi (2025) Strategi Membangun Keterlibatan Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Surat Pendek Anak Usia Dini (Studi Multi Kasus Di TK PGRI Grogol Dan Di TK Dharma Wanita Pangkal 1 Sawoo Ponorogo). S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (Halaman Depan Tesis)
1. Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
2. BAB 1.pdf Download (304kB) |
|
|
Text (SURAT PERNYATAAN UNGGAH KERJA)
SURAT PERNYATAAN UNGGAH KARYA.pdf Download (156kB) |
|
|
Text (BAB II Kajian Pustaka)
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
|
|
Text (BAB III Metode Penelitian)
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
|
|
Text (BAB V PENUTUP)
6. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf Download (255kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN-LAMPIRAN)
8. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text (TESIS FULL TEXT WATERMARK)
9. TESIS UMI HANIK WATERMARK FULL TEXT PDF.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Lembaga pendidikan yang ideal adalah Lembaga pendidikan yang mampu menjalin kerja sama yang baik anatara sekolah orang tua dan masyarakat. Tiga pilar pendidikan harus menjalin kerja sama yang erat demi tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi yang efektif dalam membangun keterlibatan orang tua guna meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek anak usia dini. Studi kasus ini dilakukan di dua lembaga pendidikan anak usia dini, yaitu TK PGRI Grogol dan TK Dharma Wanita Pangkal 1.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi multi kasus. Subjek penelitian terdiri atas kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua memiliki peran signifikan dalam membantu anak menghafal surat pendek. Strategi yang digunakan meliputi: (1) Pendekatan Komunikatif (2) Pendekatan Partisipatif dan Edukatif, program bimbingan hafalan harian dan bimbingan khusus bagi anak yang mengikuti perlombaan.(3) Pendekatan Motivasi. Penelitian ini juga menemukan bahwa dukungan emosional dari orang tua, ketersediaan waktu, kesadaran orang tua, dan lingkungan social yang mendukung berkontribusi pada peningkatan minat dan antusiasme anak dalam menghafal. Namun, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan waktu orang tua dan kurangnya pemahaman orang tua tentang cara mendampingi hafalan anak menggunakan metode Ummi dan anak yang dalam pengasuhan kakek dan nenek karena ditinggal orang tua bekerja diluar daerah. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang lebih fleksibel dan terintegrasi antara pihak sekolah dan keluarga. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik, orang tua, dan pembuat kebijakan dalam merancang program keterlibatan orang tua yang efektif untuk mendukung perkembangan kemampuan hafalan anak usia dini.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Departement of Teacher Training and Education |
| Depositing User: | pasca . userpasca |
| Date Deposited: | 21 Apr 2025 02:10 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 02:45 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/16397 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
