Pola Komunikasi Interpersonal Tiktoker @rumaagil Dengan Penjual Pada Konten Kuliner Wajan Di Tiktok Edisi 1-30 Juni 2023
Hisya Pamungkas, Wahhabi Nur (2025) Pola Komunikasi Interpersonal Tiktoker @rumaagil Dengan Penjual Pada Konten Kuliner Wajan Di Tiktok Edisi 1-30 Juni 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (surat persetujuan unggah karya ilmiah)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (179kB) |
|
|
Text (halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
Text (bab 1)
Bab 1.pdf Download (430kB) |
|
|
Text (bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) | Request a copy |
|
|
Text (bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) | Request a copy |
|
|
Text (bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (933kB) | Request a copy |
|
|
Text (bab 5)
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
|
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (356kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) | Request a copy |
|
|
Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini berjudul Pola Komunikasi Interpersonal Tiktoker @Rumaagil Dengan Penjual Pada Konten Kuliner Wajan Di Tiktok Edisi Juni 2023. Penelitian ini membahas pola komunikasi interpersonal yang dibangun oleh kreator konten TikTok @Rumaagil dengan para penjual makanan, khususnya dalam produksi konten bertema “kuliner wajan”. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana komunikasi yang dilakukan tidak hanya berfungsi sebagai proses teknis produksi konten, tetapi juga sebagai bentuk interaksi sosial yang sarat dengan nilai humanis, etika, dan empati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif., metode yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal yang dibangun oleh Ruma Agil bersifat langsung, sopan, dan berbasis kepercayaan. Kreator tidak hanya berperan sebagai pembuat konten, tetapi juga sebagai personal brand yang membawa identitas digital “Simaswajan”, yang memperkuat hubungan dengan audiens sekaligus membentuk ekspektasi saat berinteraksi dengan penjual. Sikap menghargai privasi penjual serta tidak memaksakan pengambilan gambar menjadi contoh nyata penerapan prinsip etika komunikasi interpersonal.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
| Divisions: | Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science |
| Depositing User: | Wahhabi Nur Hisya Pamungkas |
| Date Deposited: | 22 Aug 2025 01:30 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 01:30 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
