PENGARUH FASILITAS DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DENGAN TESTIMONI PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA KING FITNESS PONOROGO
Himawan, Achmad Abror (2025) PENGARUH FASILITAS DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DENGAN TESTIMONI PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA KING FITNESS PONOROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
1. Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf Download (548kB) |
|
|
Text (Halaman Depan)
2. Halaman Depan.pdf Download (777kB) |
|
|
Text (Bab I)
3. Bab I.pdf Download (311kB) |
|
|
Text (Bab II)
4. Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) | Request a copy |
|
|
Text (Bab III)
5. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) | Request a copy |
|
|
Text (Bab IV)
6. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) | Request a copy |
|
|
Text (Bab V)
7. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) | Request a copy |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
8. Daftar Pustaka.pdf Download (191kB) |
|
|
Text (Lampiran)
9. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (Skripsi Full Text)
10. Full Draft.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kepuasan konsumen (pelanggan) menjadi faktor penting dalam sebuah bisnis untuk tetap bertahan dan terus berkembang dan meraih kesuksesan. Secara teori, konsumen yang merasa puas dengan produk, jasa, atau merek, kemungkinan besar akan terus membelinya (melakukan pembelian ulang) dan memberitahukan kepada yang lain perihal tersebut (Kotler, 2021). Salah satu variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah ketersediaan fasilitas. Fasilitas mempengaruhi layanan yang diterima secara langsung oleh konsumen dalam berbagai faktor yang mendukung kepuasan konsumen. Selain fasilitas, Brand Image (Citra) dari sebuah perusahaan turut mempengaruhi kepuasan konsumen. Citra merek yang positif cenderung menciptakan ekspektasi positif pada konsumen, yang jika terpenuhi atau terlampaui, akan berujung pada kepuasan. Testimoni membantu konsumen agar mengetahui bahwa bertransaksi dengan perusahaan tersebut aman dan dapat dipercaya. Testimoni dari pelanggan yang puas memberikan bukti nyata tentang pengalaman positif mereka. Ini membantu calon pelanggan untuk merasa lebih yakin dengan keputusan mereka untuk bergabung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu data yang dapat dihitung berupa angka-angka. Penelitian dengan metode kuantitatif ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh Fasilitas dan Brand Image terhadap Kepuasan Pelanggan dengan testimoni pelanggan sebagai variabel mediasi pada King Fitness Ponorogo. Analisis data penulis lakukan di awali dengan pengumpulan dan pengolahan data berupa kuesioner tertutup dengan skala likert dimana alternatif jawaban nilai 1 sampai dengan 5 pemberian skor dilakukan atas jawaban pertanyaan. Berdasarkan hasil pembahasan sesuai dengan data yang dikelola dengan model analisis jalur disimpulkan bahwa; Fasilitas dan Brand Image berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan (model pertama), Fasilitas dan Brand Image berpengaruh terhadap testimoni pelanggan (model kedua), Fasilitas, Brand Image dan testimoni pelanggan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan (model ketiga) dan testimoni pelanggan mampu memediasi pengaruh Fasilitas dan Brand Image terhadap Kepuasan Pelanggan pada King Fitness Ponorogo.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Fasilitas, Brand Image, Kepuasan Pelanggan, Testimoni Pelanggan |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Economic |
| Depositing User: | Achmad Abror Himawan |
| Date Deposited: | 26 Aug 2025 06:50 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 03:12 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17286 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
