PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN FIQIH SANTRIWATI KELAS 5 KULIYYATUL MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYYAH PONDOK MODERN ARRISALAH GUNDIK SLAHUNG PONOROGO



Monica, Adisma Putri Dyah (2025) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN FIQIH SANTRIWATI KELAS 5 KULIYYATUL MU’ALLIMAT AL-ISLAMIYYAH PONDOK MODERN ARRISALAH GUNDIK SLAHUNG PONOROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (829kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRANN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
FULL TEXTT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Adisma Putri Dyah Monica, 2025. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Fiqih Santriwati Kelas 5 Kuliyyatul Mu’allimat Al-Islamiyyah Pondok Modern Arrisalah Gundik Slahung Ponorogo, Program Studi Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing (1). Dr. Syarifan Nurjan, MA. Pembimbing (2). Dr. Aldo Redho Syam, M.Pd.I.

Kata Kunci: Berpikir Kritis, Fiqih, Problem Based Learning, Santriwati
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis santriwati dalam mata pelajaran Fiqih kelas 5 Kulliyatul Mu’allimat Al Islamiyah Pondok Modern Arrisalah Gundik Slahung Ponorogo. penelitian ini didasarkan pada pentingnya kemampuan berpikir kritis dalam memahami konsep-konsep Fiqih yang bersifat analitis dan aplikatif, serta perlunya pendekatan pembelajaran yang mampu merangsang pemikiran aktif santriwati.
Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam proses penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Fiqih Santriwati Kelas 5 Kuliyyatul Mu’allimat Al-Islamiyyah Pondok Modern Arrisalah Gundik Slahung Ponorogo".
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santriwati kelas 5 Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyah Pondok Modern Arrisalah Gundik Slahung Ponorogo. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah santriwati kelas 5 Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyah Pondok Modern Arrisalah.
Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan, hasil analisis penelitian menunjukkan Problem Based Learning (X) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan Berpikir Kritis (Y). Hal ini menunjukkan bahwasannya, jika model pembelajaran Problem Based Learning diterapkan pada mata pelajaran Fiqih, maka akan semakin tinggi pula keterlibatan aktif peserta didik dalam pemecahan masalah, yang pada akhirnya mendorong pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Dapat kita simpulkan bahwa variabel Problem Based Learning (X) memiliki pengaruh terhadap Berpikir Kritis (Y) dengan t-hitung sebesar 5,727 > 1,680 dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Dengan demikian variabel secara parsial memiliki pengaruh positif mengenai Problem Based Learning (X) terhadap Berpikir Kritis (Y), maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Berpikir Kritis, Fiqih, Problem Based Learning, Santriwati
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Adisma Putri Dyah Monica
Date Deposited: 04 Nov 2025 06:10
Last Modified: 04 Nov 2025 06:10
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17464

Actions (login required)

View Item View Item