Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di MA Darul Ulum Kendal Ngawi
Al Adzkia, Athifah (2025) Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di MA Darul Ulum Kendal Ngawi. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
Surat Persetujuan unggah karya ilmiah.pdf Download (74kB) |
|
|
Text
Halaman Depan.pdf Download (908kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (345kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (811kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (300kB) |
|
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Athifah Al Adzkia, 2025. Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di MA Darul Ulum Kendal Ngawi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Dosen Pembimbing I Dr. Ayok Ariyanto, M.Pd.I dan Dosen Pembimbing II Dr. Wahyudi Setiawan, S.Pd.I.,M.Pd.I
Kata kunci : Strategi Pembelajaran, pengelolaan kelas, motivasi belajar
Pengelolaan kelas merupakan salah satu faktor kunci yang berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang menekankan pembentukan karakter dan nilai-nilai spiritual. Dalam praktiknya, pengelolaan kelas yang efektif dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif, menyenangkan, serta mampu mendorong motivasi belajar peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali bagaimana strategi pengelolaan kelas yang diterapkan oleh guru dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X, dan hasil dari strategi pengelolaan kelas yang di terapkan oleh guru di kelas X, serta mengidentifikasi berbagai faktor yang mendukung maupun menghambat proses pengelolaan kelas dalam mendorong semangat belajar peserta didik di MA Darul Ulum Kendal Ngawi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan, wawancara dengan guru kelas, guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, serta peserta didik, dan juga melalui studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian informasi, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: strategi pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas x di MA Darul Ulum Kendal Ngawi adalah dengan menata meja dan kursi peserta didik, menata meja dan kursi guru, pengaturan sumber pencahayaan dan ventilasi udara, penataan hiasan dinding dan warna dinding kelas, tata letak papan tulis putih, perlengkapan kelas. Ada juga faktor pendukung dan penghambat pada pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas x di MA Darul Ulum Kendal Ngawi adalah untuk faktor pendukung yaitu fasilitas belajar yang mendukung, ruangan tempat belajar yang memadai, tersedianya buku penunjang pembelajaran, kurikulum yang fleksibel, sedangkan faktor penghambat yaitu terdapat pada faktor peserta didik dan pembelajaran yang monoton.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Pengelolaan Kelas Motivasi Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
| Depositing User: | Athifah Al Adzkia |
| Date Deposited: | 09 Sep 2025 08:24 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 02:40 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17776 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
