HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KALANGAN PESERTA DIDIK SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO
Imron, Ahmad Haikal (2025) HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KALANGAN PESERTA DIDIK SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1 SURAT PERSETUJUAN UNGGAH.pdf Download (155kB) |
|
|
Text
2 HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
3 BAB 1.pdf Download (170kB) |
|
|
Text
4 BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
|
|
Text
5 BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) | Request a copy |
|
|
Text
6 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) | Request a copy |
|
|
Text
7 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) | Request a copy |
|
|
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
|
|
Text
9 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text
10 SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena bahwa minat belajar peserta didik terhadap Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo masih bervariasi. Ada sebagian peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi, tetapi ada pula yang rendah, yang diduga dipengaruhi oleh kondisi lingkungan keluarga mereka. Lingkungan keluarga memiliki peranan penting dalam membentuk karakter, perilaku, dan motivasi belajar peserta didik, khususnya dalam menumbuhkan minat belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat hubungan antara lingkungan keluarga dengan minat belajar Pendidikan Agama Islam di kalangan peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan lingkungan keluarga dengan minat belajar PAI peserta didik, sehingga diharapkan dapat memberikan masukan kepada pihak keluarga, sekolah, dan pihak terkait dalam upaya meningkatkan minat belajar peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X4 SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo yang berjumlah 36 orang, dengan teknik sampling jenuh, yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert untuk mengukur dua variabel, yaitu lingkungan keluarga (variabel X) dan minat belajar Pendidikan Agama Islam (variabel Y). Instrumen penelitian diuji validitasnya dengan teknik Pearson Product Moment dan reliabilitasnya dengan Cronbach’s Alpha. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial melalui uji korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara lingkungan keluarga dengan minat belajar Pendidikan Agama Islam di kalangan peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Hal ini berarti semakin baik lingkungan keluarga, maka semakin tinggi pula minat belajar peserta didik terhadap Pendidikan Agama Islam.
Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
| Depositing User: | Ahmad Haikal Imron |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 06:35 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 06:35 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17780 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
