IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP INKLUSI MUHAMMADIYAH 2 PONOROGO
Marniwati, Marniwati (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP INKLUSI MUHAMMADIYAH 2 PONOROGO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya)
Persetujuan Unggah Karya.pdf Download (128kB) |
|
|
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (544kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I .pdf Download (231kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II .pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB III)
BAB III .pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V)
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) | Request a copy |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka .pdf Download (244kB) |
|
|
Text (Daftar Lampiran)
Daftar Lampiran .pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) | Request a copy |
|
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Inklusi Muhammadiyah 2 Ponorogo, sebuah konteks pendidikan yang unik karena menyatukan siswa reguler dengan siswa berkebutuhan khusus (ABK). Kompleksitas lingkungan inklusif menjadi tantangan sekaligus laboratorium ideal bagi penerapan kurikulum yang berprinsip fleksibilitas dan diferensiasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses implementasi, menganalisis hasil yang dicapai, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran PAI di sekolah tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru PAI, dan siswa, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran PAI berjalan secara adaptif melalui strategi pembelajaran berdiferensiasi, seperti metode pull-in dan pull-out, namun belum optimal karena adanya tantangan sinkronisasi dengan kurikulum yayasan. (2) Hasil implementasi menunjukkan dampak yang paradoksal: sangat positif dalam pengembangan karakter siswa (empati, disiplin, dan tanggung jawab) yang didorong oleh kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), namun penguasaan materi PAI secara akademik belum maksimal. (3) Faktor pendukung utama adalah fasilitas sekolah yang memadai dan dukungan pimpinan, sedangkan faktor penghambat meliputi heterogenitas kemampuan siswa, keterbatasan alokasi waktu, dan kesulitan guru dalam merancang diferensiasi yang efektif secara konsisten.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Inklusi, Pembelajaran Berdiferensiasi, Pendidikan Karakter |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
| Depositing User: | Marniwati Marniwati |
| Date Deposited: | 11 Sep 2025 06:24 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 06:47 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17861 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
