Rohmiatun, Siti (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PANTUL POLAB UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN HURUF ABJAD DI TK MUTIARA HATI JENANGAN KELOMPOK A. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah_Siti Rohmiatun 17340058_.pdf Download (564kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
1. Halaman Depan.pdf Download (480kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (154kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (153kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (81kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (26MB) |
|
Text (FULLTEXT)
full text_Siti Rohmiatun_17340058.pdf Restricted to Repository staff only Download (27MB) |
Abstract
ABSTRAK Siti Rohmiatun. Pengembangan Media Pembelajaran Pantul Polab untuk Menstimulasi Kemampuan Menulis Permulaan Huruf Abjad di Tk Mutiara Hati Jenangan Kelompok A. Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1 Ida Yeni Rahmawati, M.Pd., Pembimbing 2 Rendy Setyowahyudi,M.Pd. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) berdasarkan teori Sugiyono. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli media, ahli materi dan guru praktisi kelompok A yang berkualifikasi dibidangnya serta hasil penilaian siswa kelas kelompok A taman kanak-kanak sebagai subjek uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara angkat dan tes (pre-test dan post-test). Analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dari ahli materi 1 mendapatkan rata-rata skor 3,7 termasuk kategori sangat layak. Penilaian ahli materi 2 mendapatkan rata- rata skor 3,9 termasuk kategori sangat layak. Serta Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dari ahli media mendapatkan rata-rata skor 3,5 termasuk kategori sangat layak. Pada uji coba skala kecil mendapatkan persentase skor 87,5% termasuk dalam kategori sangat layak. Uji coba lapangan disekolah pertama mendapatkan persentase skor 87,5% termasuk dalam kategori sangat layak. Uji coba lapangan sekolah kedua mendapatkan persentase skor 86% termasuk dalam kategori sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa media PANTUL POLAB untuk pembelajaran menulis permulaan huruf abjad pada siswa kelompok A taman kanak-kanak sangat layak digunakan. Kata Kunci: Media Pembelajaran Edukatif, PANTUL POLAB, Kelompok A Taman Kanak-Kanak.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Edukatif, PANTUL POLAB, Kelompok A Taman Kanak-Kanak. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 04:38 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 04:38 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8627 |
Actions (login required)
View Item |