HANIFAH, HANIFAH (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR RESITASI SISWA MATERI ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII MTS MA’ARIF AL-MUKARROM KAUMAN SOMOROTO PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (913kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (252kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (685kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (361kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Resitasi Siswa pada materi aljabar untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi aljabar yang layak digunakan sebagai sumber belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Uji coba produk dilakukan terbatas pada 6 siswa. 3 siswa diambil dari kelas VII A dan 3 siswa diambil dari kelas VII B. Fokus pada isi Lembar Resitasi Siswa. Selesai diuji cobakan kemudian dilakukan analisis hasil uji coba. Sedangkan untuk uji coba pemakaian diambil dari kelas VII A dan VII B dengan masing-masing kelas berjumlah 27 dan 26. Uji coba pemakaian ini dilakukan pada 53 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan tes berupa soal uraian. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, hasil analisis uji coba produk, angket respon siswa, serta tes kemampuan pemahaman konsep siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa ditinjau dari penilaian Lembar Resitasi Siswa oleh validator, hasil analisis kevalidan pengembangan Lembar Resitasi Siswa berada pada kriteria valid dengan rata-rata skor kevalidan untuk Lembar Resitasi Siswa adalah sebesar 76 %. Ditinjau dari hasil respon siswa terhadap Lembar Resitasi Siswa mempunyai kriteria sangat baik, dengan skor yaitu untuk kelas VII A sebesar 84,2 % dengan kategori sangat baik, sedangkan kelas VII B sebesar 82,6 % dengan kategori sangat baik. Berdasarkan kriteria tersebut maka dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa Lembar Resitasi Siswa praktis digunakan berdasarkan penilaian siswa. Berdasarkan hasil peningkatan pretest dan posttest kemampuan pemahaman konsep siswa menunjukkan rata-rata peningkatan untuk kelas VII A dan VII B sebesar 0,3, dengan kriteria sedang . Berdasarkan hasil tersebut peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa mencapai kriteria sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa Lembar Resitasi Siswa yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai sumber pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan Lembar Resitasi Siswa, Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 06:13 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 06:13 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4288 |
Actions (login required)
View Item |