Sunarti, Sunarti (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN VIRTUAL DALAM MELATIH KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK MUTIARA HATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
1. Halaman Depan.pdf Download (810kB) |
|
Text
2. BAB 1.pdf Download (382kB) |
|
Text
3. BAB 2.pdf Download (435kB) |
|
Text
4. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN SKRIPSI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Sunarti. Implementasi Pembelajaran Virtual Dalam Melatih Kreativitas Anak Kelompok B Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Mutiara Hati Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1 Dr. Muhibbudin Fadhli, M.Pd. Pembimbing 2 Dian Kristiana, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran virtual dalam melatih kreativitas anak kelompok B pada masa pandemi covid-19 tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B di TK Mutiara Hati yang berjumlah 12 siswa. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran virtual dalam melatih kreativitas anak pada kelompok B di TK Mutiara Hati sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan tema yang tertera di dalam RPPH dan RPPM. Teknik pelaksanaan pembelajaran virtual menggunakan aplikasi Zoom dan Video Call dengan pemberitahuan informasi peralatan dan bahan-bahan pembelajaran sehari sebelum pelaksanaan pembelajaran virtual. Bahan-bahan dan peralatan pembelajaran dibagikan kepada anak-anak selama dua minggu sekali, disamping dengan persiapan alat dan bahan sebelum pelaksanaan pembelajaran virtual dalam melatih kreativitas anak guru menggunakan metode tutorial melalui video dan peragaan langsung di depan layar laptop yang dapat diikuti anak dari rumah secara online. Hal ini efektif dalam melatih kreativitas anak dalam pembelajaran virtual karena alat dan bahan telah tersedia di depan anak-anak pada saat online pembelajaran dan semuanya telah terfasilitasi dengan baik dari lembaga.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Virtual dan Kreativitas Anak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 26 Apr 2021 04:14 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 04:14 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6454 |
Actions (login required)
View Item |