PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK DESA BAKALAN PURWANTORO



Andriyaningsih, Erni (2024) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK DESA BAKALAN PURWANTORO. PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK DESA BAKALAN PURWANTORO.

[thumbnail of PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.jpeg] Image
PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.jpeg

Download (70kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN PDF WATERMARK (1).pdf] Text
HALAMAN DEPAN PDF WATERMARK (1).pdf

Download (666kB)
[thumbnail of BAB 1 PDF WATERMARK (1).pdf] Text
BAB 1 PDF WATERMARK (1).pdf

Download (462kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of BAB 3 PDF WATERMARK (1).pdf] Text
BAB 3 PDF WATERMARK (1).pdf

Download (215kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA PDF WATERMARK (5).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA PDF WATERMARK (5).pdf

Download (314kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode bermain peran
dapat diterapkan untuk meningkatkan ketrampilan berbahasa Inggris anak usia dini di
TK Kelompok B yang terletak di Desa Bakalan, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten
Wonogiri. Penelitian ini dilakukan di TK Desa Bakalan, Purwantoro Kabupaten, jumlah
subjeknya adalah 19 anak, 10 anak laki-laki dan 9 anak perempuan yang berusia 5-6
tahun. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
dilaksanakan dalam 3 siklus dan setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Teknik
pengumpulan data penelitian adalah observasi dan tes ketrampilan berbicara. Sedangkan
teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik
deskriptif yang menggunakan persentase. Berdasarkan penelitian dan analisis data,
metode bermain peran dapat meningkatkan ketrampilan bahasa Inggris di TK Desa
Bakalan Purwantoro. Melalui bermain peran anak-anak belajar melalui pengalaman
yang menyenangkan. Peningkatan kemampuan bahasa anak terlihat dari hasil persentase
data pada siklus I yaitu 16% termasuk dalam kriteria belum berkembang, setelah itu
dilanjutkan pada siklus II kemampuan bahasa Inggris meningkat menjadi 44 % dengan
kriteria mulai berkembang. Kemudian pada siklus III mengalami peningkatan sebesar
78% sehingga bisa dikatakan kriteria naik menjadi berkembang sangat baik. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat
meningkatkan ketrampilan berbahasa Inggris pada Anak Usia Dini kelompok B di TK
Desa Bakalan Purwantoro.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 03 Apr 2024 06:42
Last Modified: 03 Nov 2025 08:22
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13810

Actions (login required)

View Item View Item