PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING LEARNINGDALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIID SMP NEGERI 2 NGRAYUN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SUSANTI, ENI (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING LEARNINGDALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIID SMP NEGERI 2 NGRAYUN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER-PENGESAHAN-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 1.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 4.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 5.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 6.pdf

Download (630kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: ModelProblem Solving Learning,Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Motivasi belajar siswa pada saat pembelajaran matematika masih tergolong rendah, karena dari beberapa tanya jawab dengan siswa mengatakan bahwa dorongan untuk belajar matematika mereka masih kurang, baik dorongan dari diri sediri maupun guru. Siswa malas dan cenderug pasif penguasaan mereka terhadap materi yang diberikan tidak tuntas. Sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah dan di bawah KKM.Tujuan penelitian ini adalah untuk penerapanModelProblem Solving Learning sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar kelas VII D SMP Negeri 2 Ngrayun Tahun Pelajaran 2013/2014, dengan subyek siswa berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan strategi siklus. Obyek penelitian pada penelitian ini adalah berbagai kegiatan yang terjadi di dalam kelas selama berlangsungnya proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru kelas dan melibatkan partisipasi siswa.Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dan siklus II empat kali pertemuandengan alokasi waktu masing-masing pertemuan 2 x 40 menit. ModelProblem Solving Learningmerupakan model pembelajaran berbasis masalah, isu pertamanya adalah masalah, dan belajar pengarahan diri. Melalui model pembelajaran ini siswa dapat mengemukakan pemikirannya, saling bertukar pendapat, saling bekerja sama jika ada teman yang mengalami kesulitan, semakin sering melakukan praktik, semakin mudah siswa menyelesaikan masalah.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terdapat peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar matematika melalui penerapan model problem solving learning.Hal tersebut dapat diketahui dari beberapa hasilsebagai berikut: (1) motivasi belajar menunjukkan peningkatan dari 73,33% (pra siklus) menjadi 80% (siklus I), pada siklus II 86,67%. (2) adanya peningkatan pencapaian hasil belajar siswa dalam penilaian psikomotorik menunjukkan penigkatan dari 85,56% (siklus I) pada siklus II menjadi 96,67%. (3) dalam penilaian afektif menunjukkan penigkatan dari 87,78% (siklus I) pada siklus II menjadi 97,5%.(4) dalam penilaian kognitif menunjukkan penigkatan dari 43,33% menjadi 56,67% (siklus I) pada siklus II menjadi 97,5%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model problem solving learningdapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 31 Mar 2015 03:09
Last Modified: 31 Mar 2015 03:09
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/998

Actions (login required)

View Item View Item